Sabtu, 22 Juni 2024

Redmi 12C Downgrade dari 10C? Ini Penjelasanya

BACA JUGA

Selular.ID – Baru saja rilis, smartphone entry level Redmi 12C ke pasar Indonesia, namun banyak yang merasa bahwa smartphonenya ini downgrade dari pendahulunya Redmi 10C.

Secara dilihat dari spesifikasi memang iya, smartphone terbaru dari sub-brand Xiaomi ini serasa tidak adanya perkembangan signifikan.

Dari sisi chipsetnya Redmi 12C terbaru ini menggunakan chipset MediaTek Helio G85, sedangkan 10C menggunakan chipset Snapdragon 680 yang bertenaga 6 nanometer.

Kalau dari segi performa chipset memang jelas Redmi 10C punya tenaga dan efisiensi daya yang lebih hemat ketimbang adiknya.

Lanjut tidak usah membahan pembekalan varian memori dari kedua smartphone, tapi mari bahasnya tipe memori yang dipakai.

Untuk kedua smartphone sama-sama menggunakan tipe memori RAM LPDDR4X, namun ada yang membedakan, di 10C itu sudah ditambah teknologi penyimpanan UFS 2.2 kalau di Redmi 12C masih eMMC 5.1.

Perlu diketahui UFS dimaksudkan untuk menjadi pengganti eMMC, teknologi penyimpanan yang lebih tua meski masih banyak digunakan.

eMMC memang lebih murah dan mudah diterapkan, tapi ini jauh lebih lambat baik secara teori maupun dalam praktik.

Lain dari pada itu, segi kamera utama kedua smartphone masih sama 50MP, dan kamera depannya juga sama 5MP.

Untuk pembekalan baterainya juga tidak ada perubahan yakni 5.000mAh serta pemberian teknologi pengisian daya cepatnya Redmi 10C telah support 18Watt.

Namun meskipun Redmi 12C dirasa tidak adanya peningkatan dari segi apapun, namun smartphone entry level yang satu ini patut diacungi jempol.

Kembali dari segi chipsetnya, yang telah menyisipkan MediaTek Helio G85, dan Redmi berani memberikan harga Rp 1 jutaan.

Padahal mengingat smartphone lain dengan pembekalan chipset yang sama (MediaTek Helio G85) itu berada di kisaran harga Rp 2 jutaan.

kalau mendengar alasan perusahaan yang disampaikan oleh Rendy Tonggo selaku Product Marketing Manager Redmi, Perusahaan sedang melakukan penyederhanaan lini.

“Mengingat kalau ditahun sebelumnya itu ada 2 lini produk entry level 10A dan 10C, dan ditahun ini hanya 1 yaitu 12C.” Kata Rendy.

“Dan penyederhanaan ini lah, dari segi harga yang kami tawarkan itu lebih murah ketimbang smartphone entry level milik Redmi sebelumnya.” Tambahnya.

Panji Pratama selaku Corporate & Media Relations Manager Xiaomi Indonesia, menambahkan “Kalau dibilang meneruskan memang tidak, malah Redmi C series ini longkap 1”

“Karena ini agar berbarengan dengan redmi note, dan ini merupakan kebijakan dari global.”

“Kalo dibilang downgrade juga ngga, malah kalau dari sisi Redmi 10A dia (12C) upgrade. Jadi untuk lebih simplenya ialah ini merupakan kombinasi portofolio dari series A dan Series C.”

“Malah untuk segi harganya di Redmi 12C kita sederhanakan lagi yang tidak sampai 2 jutaan.” Pungkasnya.

Baca juga : Segini Harga Redmi 12C Dan Hasil Fotonya Ciamik

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU