Selular.ID – Smartwatch Google mengalami kenaikan sementara Samsung turun tajam, menurut laporan terbaru.
Lembaga riset pasar Canalys mengungkapkan estimasi terbarunya di pasar wearable device 2023 dan kinerja Q4 2022 yang buruk.
Menurut temuan Canalys, pengapalan gelang yang dapat dikenakan turun sebesar 18% di Q4 yang secara musiman tidak seperti biasanya, meskipun telah mengirimkan 50 juta unit.
Jam tangan pintar juga mengalami penurunan dua digit, sekitar 17%, selama kuartal terakhir yang sama.
Untuk gelang yang dapat dikenakan, Google mampu naik ke posisi kedua (tepat di belakang Apple), berkat pertumbuhan pasar sebesar 16% selama Q4 karena peluncuran Pixel Watch.
Namun, kinerja perusahaan sedikit menurun akibat dari penurunan 25% dalam pertumbuhan tahunan karena pengiriman Fitbit melambat.
Google hanya mengirimkan 4 juta unit pada Q4 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 ketika mengirimkan 5,3 unit.
Angka itu juga mengalami sedikit penurunan pangsa pasar, dengan solid 8%.
Canalys melaporkan Samsung juga turun ke peringkat 5 setelah mengalami penurunan tajam sebesar 35% dalam pengiriman di Q4.
Berkurangnya migrasi Wear OS bersama dengan “pembaruan berulang” dari seri Galaxy Watch 5 diasumsikan menjadi penyebab penurunan ini.
Pada Q4, Samsung hanya mengirimkan 2,9 juta unit, menyumbang 5,9% pangsa pasar dibandingkan dengan 4,5 juta unit yang dikirim dan pangsa pasar 7,4% pada Q4 2021.
Namun, Samsung berhasil menunjukkan kinerja yang cukup kuat sepanjang tahun 2022.
Lembaga analisis itu mengaitkan kemalangan pasar wearable device secara keseluruhan dengan “lingkungan ekonomi makro yang menantang” pada Q4 2022, mirip dengan perkiraan pasar smartphone pada Q4 2022.
Melihat pengiriman band yang dapat dikenakan secara keseluruhan untuk tahun 2022, Google diperkirakan telah mengirimkan 880.000 unit Pixel Watch tetapi masih mengalami penurunan sebesar 22%.
Samsung mungkin tumbuh dalam pengiriman smartwatch sepanjang tahun, tetapi dalam hal pengiriman smartband, perusahaan menghadapi penurunan 4% jika dibandingkan dengan tahun 2021.
Baca Juga:Â Top 5 Brand Smartwatch Global 2022, Pengiriman Naik 12%
Mungkin ada sedikit pencerahan untuk pasar wearable device pada tahun 2023, dan Analis Canalys Cynthia Chen menduga bahwa “pasar wearable device diperkirakan akan tumbuh sebesar 2% pada tahun 2023. Meskipun kami memperkirakan band basic akan terus menurun, jam tangan basic dan smartwatch akan tumbuh, tetapi pertumbuhan akan dibatasi di bawah 10%. Vendor tetap waspada dan akan menekankan kualitas daripada kuantitas mengingat pemulihan belanja konsumen.”
Baca Juga:Â Canalys: Pengiriman Wearable Device Anjlok pada Q4-2022