Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Bakal Banyak HP Android Yang Berkonektivitas Satelit, Qualcomm Sedang Mempersiapkan

BACA JUGA

Selular.ID – Qualcomm Technologies, mengumumkan bahwa telah mengembangkan konektivitas satelit pada smartphone melalui chip terbaru miliknya.

Di sampaikan dari Barcelona dalam ajang Mobile World Congress (MWC) melalui kolaborasinya dengan Honor, Motorola, Nothing, OPPO, vivo dan Xiaomi.

Kolaborasi nya ini Qualcomm sebagai pemain mahir di industri chipset ini telah mengembangkan smartphone berkemampuan komunikasi satelit dengan memanfaatkan Snapdragon® Satellite yang baru diluncurkan.

Snapdragon Satellite adalah solusi pengiriman pesan berkemampuan dua arah berbasis satelit pertama di dunia untuk smartphone.

Teknologi ini menawarkan jangkauan global dari kutub ke kutub dan dapat mendukung pengiriman pesan dua arah untuk penggunaan darurat, SMS, dan aplikasi pengiriman pesan lainnya untuk berbagai tujuan seperti keadaan darurat atau rekreasi di lokasi terpencil, pedesaan, dan lepas pantai.

Solusi ini didukung oleh low-Earth orbiting (LEO) dan konstelasi satelit Iridium® yang beroperasi penuh, yang memungkinkan koneksi satelit dengan daya dan latensi rendah menggunakan spektrum L-band yang tahan cuaca.

Menurut Francesco Grilli selaku Vice President of Product Management Qualcomm Technologies menjelaskan “Hubungan jangka panjang kami dengan Honor, Motorola, Nothing, OPPO, vivo, dan Xiaomi berakar pada inovasi dan memberikan pengalaman konektivitas yang luar biasa kepada konsumen.”

“Dengan menggabungkan Snapdragon Satellite ke perangkat generasi berikutnya, mitra kami akan dapat menawarkan kemampuan pengiriman pesan satelit berkat konstelasi LEO global yang matang dan tersedia secara komersial, yang memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk berkomunikasi di luar ruangan dengan penyedia layanan darurat, serta keluarga dan teman.” tambahnya.

Snapdragon Satellite akan tersedia di semua 5G Modem-RF systems yang akan datang dan tier Snapdragon Mobile Platform (dari 8- hingga 4-) mengingat ekosistem yang semakin matang.

Di luar smartphone, Snapdragon Satellite diatur untuk diperluas ke kategori perangkat lain di segmen komputasi, otomotif, dan IoT.

Seiring pertumbuhan ekosistem, OEM dan pengembang aplikasi akan dapat membedakan dan menawarkan layanan branded unik dengan memanfaatkan konektivitas satelit.

Snapdragon Satellite dirancang untuk mendukung 5G Non-Terrestrial Networks (NTN), karena infrastruktur dan konstelasi satelit NTN telah tersedia.

Baca juga : Qualcomm Tingkatkan Teknologi Mobil Dengan Snapdragon Automotive 5G Platform

 

 

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU