Apple Garap Touch ID Bawah Layar, Seperti ini Teknologinya

Apple Garap Touch ID Bawah Layar, Seperti ini Teknologinya
Apple Garap Touch ID Bawah Layar, Seperti ini Teknologinya

Selular.ID – Apple terus meneliti teknologi sensor sidik jari atau touch id di bawah layar untuk iPhone. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan kembali Touch ID dalam model layar penuh pertamanya.

Bukan rahasia lagi bahwa Apple telah mengerjakan sistem Touch ID yang dirancang untuk dipasang di bawah layar setidaknya sejak 2013, dengan beberapa paten diberikan kepada perusahaan selama bertahun-tahun.

Namun, terlepas dari klaim bahwa Touch ID di bawah layar pada iPhone masa depan tidak mungkin terjadi, Apple telah mengintensifkan penelitiannya dalam teknologi penginderaan sidik jari di bawah layar.

Sejak Face ID memulai debutnya di iPhone X tahun 2017, peta jalan Apple untuk Touch ID di iPhone paling tidak jelas, dengan beberapa pengamat industri menyarankan agar Apple menganggap Face ID sebagai solusi biometrik all-in-one eksklusif di masa mendatang.

Baru minggu ini, Apple diberikan paten terkait Touch ID di bawah layar yang menggabungkan teknologi inframerah gelombang pendek dengan sistem pencitraan optik yang dapat memiliki banyak fungsi.

Baca Juga:Face ID Apple di iOS 16 Bisa Dipakai dalam Mode Miring

Perwujudan terbaru ini tidak hanya bertujuan untuk membaca sidik jari pengguna saat menyentuh layar, tetapi juga dapat menentukan pola pembuluh darah, oksigenasi darah, denyut nadi, serta keberadaan sarung tangan dan kebasahan.

Meskipun demikian, prediksi terbaru tentang kapan Touch ID di bawah layar mungkin diperkenalkan, jika memang ada, telah didorong mundur.

Dalam catatan penelitian September 2021, AnalisĀ  Ming-Chi Kuo memperkirakan bahwa Apple akan meluncurkan setidaknya satu model iPhone baru dengan pemindai sidik jari di bawah layar pada paruh kedua tahun 2023 .

Namun tujuh bulan kemudian, Kuo mengatakan Apple tidak mungkin merilis model iPhone dengan Touch ID di bawah layar pada tahun 2023 atau 2024.

Apple memang menguji pemindai sidik jari di bawah layar untuk setidaknya beberapa model iPhone 13, menurut laporan tepercaya, tetapi Apple tampaknya memutuskan untuk tidak melanjutkan ide tersebut.

Dalam perkembangan terbaru, menurut akun agregator berita “yeux1122” di blog Naver Korea, sumber industri sekarang percaya bahwa Apple akan meluncurkan Touch ID di bawah layar dalam dua hingga tiga tahun setelah debut ID Wajah di bawah panel.

Dilihat dari laju pengembangan teknologi di bawah panel sebagaimana diuraikan dalam peta jalan konsultan industri Ross Young, ini menunjukkan bahwa dapat melihat Touch ID versi bawah layar baru di iPhone 2026 paling cepat mungkin di tahun yang sama dengan Apple. Diharapkan untuk memindahkan ID Wajah dan kamera menghadap ke depan di bawah layar.

Tentu saja, belum dapat dipastikan bahwa Apple akan meletakkan Touch ID di bawah layar iPhone.

Baca Juga:iPhone SE 4 Akan Gunakan Layar OLED Buatan China

Masih ada kemungkinan bahwa Apple memperkenalkan iPhone dengan Touch ID yang terpasang di tombol daya, sejalan dengan model mini iPad Air dan iPad terbaru, tetapi belum ada rumor yang menyatakan bahwa Apple berencana untuk menempuh jalan itu