Jumat, 21 Juni 2024

Adu Gadget: Realme C55 vs Poco M5s, Unggul Mana?

BACA JUGA

Selular.ID – Adu kemampuan smartphone yang ada di harga Rp 2 jutaan, Realme C55 melawan POCO M5s, jadi lebih unggul mana?

Pasar smartphone di kisaran harga Rp 2 jutaan kian marak dan menjadikan sangat sengit persaingan dari segmentasi harga tersebut.

Terbaru realme C55 hadir ke pasar Indonesia membawa spesifikasi dan keunggulan teknologi baru untuk dikelas entry level.

Sesuai dengan misinya di tahun ini akan menghadirkan smartphone dengan menyisipkan teknologi terdepan di kelasnya.

Memang terjadi, di realme C55 telah memberikan ala fitur Dinamic Island seperti di iPhone 14 Series, namun mereka memberi namanya Mini Capsule.

Ini menjadi yang pertama kalinya smartphone android memiliki fitur yang setara smartphone flagship sekelas iPhone 14 Series.

Namun apakah keunggulan yang menonjol tersebut dikatakan dapat bersaing di pasar Indonesia?

Kita kesampingkan terlebih dahulu fitur Mini Capsule pada realme C55, dan sekarang kita akan adu Smartphone yang baru hadir tersebut dengan smartphone Poco M5s.

Dan mari kita beberkan atau Head-to-head kan dari masing-masing komponennya.

Chipset

Seperti biasa diawali dari sisi yang dirasa sangat penting dalam penunjang kinerja smartphone selama pemakaian.

Kedua smartphone ini telah dibekali chipset dari brand yang sama tapi beda tipenya. Realme menggunakan MediaTek Helio G88 sedangkan Poco menggunakan MediaTek Helio G95.

Kalau melansir dari beberapa sumber website, sudah jelas MediaTek Helio G95 ini lebih unggul, dari penamaan serta kualitasnya.

Dua chipset ini memang sama berada di kekuatan pabrikan 12 nanometer, yang minim dari penghematan daya.

Tapi kalau dilihat dari hasil Benchmark yang melansir dari website Nanoreview, MediaTek Helio G95 milik Poco M5s lebih unggul.

Kamera Utama

Sebenarnya tidak ada yang spesial pada pembahasan mengenai kualitas kamera diantara keduanya.

Karena baik Realme C55 dan Poco M5s sama-sama telah dibekali kualitas kamera 64 megapiksel.

Dapat dikatakan pula sama-sama mendobrak kualitas kamera utama yang pada umumnya hanya di 50 megapiksel saja untuk smartphone entry level.

Tapi sedikit berbeda jika melihat kualitas kamera depannya, Poco lebih unggul dengan kualitas kamera 13MP sedangkan realme hanya membekali 8MP.

Pembekalan Memori

Disini realme C55 bisa dikatakan dapat tersenyum lebar. Pasalnya di smartphone entry level milik realme ini mempunyai keunggulan ketimbang lawannya.

Meskipun kedua smartphone punya dua varian memori, realme membekalinya di masing-masing varian sangatlah unggul.

Realme membekali varian memori terendah RAM 6GB/128GB dan tertingginya RAM 8GB/256GB. Dan di masing-masing varian bisa ditambah lagi ramnya sebesar 6GB & 8GB.

Sedangkan Poco M5s hanya membekali varian yang terendah di RAM 4GB/64GB serta RAM 6GB/128GB.

Bukan hanya itu saja yang unggul, Untuk tipe memorinya keduanya memang sama menggunakan LPDDR4X, namun pada teknologi penyimpanan internalnya realme lebih unggul karena telah dibekali UFS 3.1 sedangkan Poco UFS 2.1.

Baterai & Fast Charging

Masih sama, keduanya telah diberikan kapasitas baterai yang besar yaitu 5.000mAh, tapi berbeda dari sisi teknologi fast charging nya.

Bukan berbeda besarnya angka kedua smartphone support fast charging, keduanya telah support untuk pengisian daya cepat 33W.

Tapi di Poco M5s itu tidak menjadikannya dalam paket penjualan, sedangkan realme C55, menjadi satu kesatuan didalam dus.

Kesimpulan

Jadi dengan harga yang kurang lebih sama dikisaran harga Rp 2 jutaan, kedua smartphone punya keunggulan di masing-masing lini.

Jadi, anda lebih tertarik pilih smartphone yang mana untuk dipakai harian ?

Baca juga : Komparasi: Tecno Pova 4 VS Redmi 10 5G, Siapa Pemenangnya ?

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU