TSMC Akan Produksi Chip Snapdragon 8 Gen 3

TSMC Akan Produksi Chip Snapdragon 8 Gen 3
TSMC Akan Produksi Chip Snapdragon 8 Gen 3

Selular.ID – Qualcomm diperkirakan bakal mengirimkan manufaktur chip Snapdragon 8 Gen 3 ke TSMC dan Samsung. Sepertinya Qualcomm mengikuti langkah Apple untuk mempercayakan produksi chipset ke TSMC.

Laporan terbaru menyebutkan pabrikan Taiwan TSMC mungkin mendapatkan sebagian besar pesanan chip yang dibangun pada proses 3 nm, karena tingkat hasil 80% yang sangat tinggi.

Saat ini yield rate di chipset 3nm sekitar 70% tetapi TSMC berhasil menghasilkan secara lebih tinggi yaitu 75%-80%.

Seminggu terakhir ini, TSMC memulai produksi massal chip 3nm menggunakan node proses N3 beberapa bulan setelah Samsung Foundry mulai memproduksi chip menggunakan node 3GAE (kelas 3nm, gate-all-around early).

Baca Juga:Qualcomm dan MASTEL Jalin Kerjasama Untuk Perluas Jaringan 5G

Jika data ini benar, Apple dan Qualcomm tak akan mengalami masalah pengiriman chipset generasi terbaru mereka yaitu A17 Bionic dan Snapdragon 8 Gen 3.

Masalah bagi Qualcomm dan pembuat chip lainnya adalah harga yang dibayarkan per wafer lebih tinggi.

Selain itu, jumlah chip yang dihasilkan lebih rendah yang berarti harga chipset yang lebih tinggi untuk produsen smartphone.

Baca Juga:Qualcomm Rilis Snapdragon 782G, Ini Keungulannya

Hal ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap harga smartphone yang lebih tinggi. Kenaikan harga chipset ini tak akan menguntungkan bagi semua pihak, termasuk TSMC yang memproduksinya.