Senin, 11 Agustus 2025
Selular.ID -

Strategi GoFood Besaing di Industri Pesan Antar Makanan

BACA JUGA

Selular.ID – Strategi GoFood di industri pesan antar sepertinya berhasil. Ini dibuktikan  dengan nilai transaksi GoFood Indonesia dan Vietnam yang disebut-sebut tumbuh lebih dari dua kali lipat dibandingkan 2021 dari rata-rata industri pesan-antar makanan di Asia Tenggara di 2022.

Hal tersebut diungkapkan Catherine Hindra Sutjahyo, Director/Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, kinerja positif GoFood, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk,  selama tahun 2022 disokong oleh peningkatan proporsi pelanggan setia di Indonesia dari 38% menjadi 52% dari total jumlah pelanggan GoFood.

Kesuksesan ini merupakan wujud keberhasilan strategi GoFood yang berfokus pada pertumbuhan basis pelanggan setia dan berkualitas melalui inovasi produk.

Catherine menyebutkan, setiap inovasi di GoFood berfokus untuk mengembangkan solusi produk agar pelanggan semakin setia.

“Selama beroperasi delapan tahun, kami menganalisis dan memanfaatkan data untuk memetakan kebutuhan setiap pelanggan (personalisasi) agar dapat menghadirkan pilihan yang tepat supaya konsumen semakin loyal terhadap layanan kami.”terang Catherine.

Baca Juga:Transaksi Dilayani Tokopedia Naik 2.5 Kali Lipat

Tidak hanya secara bersamaan, GoFood membantu mitra usaha kuliner meningkatkan keahlian mengelola bisnis secara berkelanjutan.

Tujuannya agar basis pelanggan setia di GoFood dapat tumbuh dan mendukung bisnis yang sehat tanpa ketergantungan pada promosi.

Langkah GoFood menuju pertumbuhan yang sehat dalam rangka mempercepat profitabilitas meliputi tiga strategi utama:
1. Memperkuat brand GoFood sebagai layanan OFD yang memberikan pengalaman kuliner paling menyenangkan dengan rekomendasi tepat berbasis teknologi pencarian.

Teknologi ini mampu merekomendasikan menu makanan dan pilihan resto yang sesuai dengan selera, histori, dan budget masing-masing pelanggan.

2. Mengembangkan teknologi machine learning untuk alokasi promo yang lebih efektif ke calon pelanggan (potential user), pelanggan baru (new user) maupun yang telah menjadi pelanggan GoFood (existing user) yang dapat didorong menjadi pelanggan setia.

Baca Juga:UMKM Kuliner GoFood Tumbuh dengan GoBiz, Satu Aplikasi Ragam Solusi.

3. Meningkatkan efisiensi dari promo yang dilakukan secara mandiri oleh mitra usaha GoFood (merchant funded promo), untuk membantu meningkatkan pendapatan mitra usaha sekaligus menekan biaya pemasaran mereka.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU