Jumat, 14 Juni 2024

Sebagai Suksesor Pendahulunya, Inilah Fitur Kamera Terbaru Canon EOS R6 Mark II

BACA JUGA

Selular.ID – Sebagai suksesor EOS R6, kini Canon Kembali merilis kamera penerusnya yaitu EOS R6 Mark II, apa saja fiturnya?.

Kamera ini hadir menyuguhkan performa kecepatan dan kualitas gambar tinggi yang mungkin bisa menjadi idaman para fotografer dan videografer.

EOS R6 Mark II adalah kamera full-frame mirrorless Canon EOS seri R pertama yang memiliki fitur Focus Breathing Correction yang berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus.

Melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon, EOS R6 Mark II dengan kemampuan rekam video berkualitas tinggi 6K RAW dan kecepatan continuous shooting 40 fps resmi hadir di Indonesia di penghujung tahun 2022 ini.

EOS R6 Mark II dibekali dengan prosesor DIGIC X dan sensor gambar CMOS full-frame terbaru 24,2 megapiksel, lebih tinggi dari EOS R6 dengan 20,1 megapiksel.

Sensor ini juga memiliki tingkat ketajaman yang melampaui resolusi visual 30,4 megapiksel dari EOS 5D Mark IV. Kemampuan membidik di kondisi minim cahaya juga bisa diandalkan dengan rentang ISO hingga 102.400 untuk menghasilkan gambar yang minim noise.

Dua fitur video baru yang bisa didapatkan pada kamera ini yaitu Pre-recording for movies yang membantu pengguna untuk menangkap momen yang terjadi hingga 5 detik sebelum tombol rekam ditekan.

Mode Hybrid Auto, fitur ini merekam video 2-4 detik sebelum pelepasan rana saat pemotretan, dan secara otomatis menjadi file video pendek yang bisa dikompilasi menjadi konten yang menarik.

Pengguna EOS R6 Mark II juga dapat melakukan video streaming atau rapat online dengan lancar menggunakan kamera ini karena telah mendukung UVC (USB Video Class) dan UAC (USB Audio Class). Fitur ini mampu mengirimkan data audio video kualitas tinggi Full HD 30p ke komputer Windows/Mac OS secara cepat dan real time.

Kamera ini memiliki menu Quick Control pada layar yang serupa dengan kamera Canon EOS Cinema, dengan tampilan antarmuka yang intuitif membuat pengguna lebih mudah dan cepat dalam mengoperasikan kamera.

Ditambah lagi dengan tombol switch baru di bagian kiri kamera yang berfungsi untuk mengganti dari mode foto ke video dengan cepat.

Pengguna juga lebih fleksibel untuk memutuskan subjek yang akan dideteksi dengan mode baru “Auto Subject Detections” yang membantu pengguna untuk secara otomatis mendeteksi lebih dari satu jenis subjek dalam bingkai yang sama.

Kamera ini juga menambahkan kemampuan AF yang dapat mendeteksi kuda, kereta api dan pesawat yang bekerja dengan algoritma Artificial Intelligent (AI). Selain itu, kini mode Eye Detection AF dapat menentukan prioritas mata kanan atau kiri saat pengambilan gambar foto atau video.

Peningkatan performa deteksi AF ini berkat teknologi Deep Learning yang ditingkatkan ke pelacakan subjek. Kamera dapat mempertahankan pelacakan yang konsisten bahkan dengan perubahan postur, orientasi atau kecerahan sekitar. Ini dapat diterapkan pada subjek hewan, kendaraan, dan subjek lain pilihan pengguna untuk foto dan video.

Fitur baru lain pada EOS R6 Mark II ini, yaitu mode AI Focus AF yang secara otomatis mendeteksi gerakan subjek dan beralih antara mode One-Shot AF dan Servo AF.

Hal ini menghadirkan respons yang lebih baik terhadap subjek yang bergerak. Ada juga Digital Teleconverter untuk meningkatkan panjang fokus 2x atau 4x dengan satu sentuhan tombol, menghadirkan respons cepat terhadap momen pemotretan telefoto tak terduga tanpa perlu mengganti lensa.

Kamera ini dilengkapi dengan perekaman In-Body IS dan fitur Digital Lens Optimizer (DLO) Untuk menghindari penurunan kualitas gambar karena aberasi optik dan blur.

EOS R6 Mark II juga sudah dilengkapi teknologi 5-axis In-Body IS (Image Stabilizer) yang dapat mencapai stabilisasi gambar hingga 8 stop selama perekaman video dan foto.

Kecepatan transfer data melalui koneksi nirkabel juga meningkat berkat dukungan koneksi Wi-Fi 2.4GHz. Pengguna juga bisa menghubungkan kamera dengan smartphone melalui kabel USB untuk transfer data dan shutter release menggunakan aplikasi Camera Connect. Transfer data ke server FTP juga bisa dilakukan melalui metode kabel dan nirkabel.

Bodi EOS R6 Mark II yang menyediakan dua slot kartu SD ini dilapisi material tahan debu dan air sehingga dapat diandalkan saat pengambilan gambar di luar lapangan dengan kondisi tertentu. Efisiensi penggunaan daya pada kamera ini juga meningkat.

Baterai LP-E6NH dalam kondisi penuh dapat menghasilkan 760 foto pada mode Power Saving, lebih banyak dibanding dengan EOS R6 dengan 510 foto pada mode yang sama.

PT Datascrip selaku distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memasarkan EOS R6 Mark II dengan harga:

EOS R6 mark II Bodi: Rp51.499.000

EOS R6 mark II RF 24-105mm F/4 – 7,1 IS STM: Rp56.999.000

Di hari peluncuran (15/12) hingga tanggal 15 Januari 2023, PT Datascrip juga memberikan promo EOS R6 Mark II dengan harga:

EOS R6 mark II Bodi: Rp 44.999.000

EOS R6 mark II RF 24-105mm F/4 – 7,1 IS STM: Rp 49.999.000

Bonus baterai LP-E6NH dan Garansi 3 Tahun.

Baca juga : Printer Portabel Canon Bisa Cetak Foto Langsung Via Smartphone

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU