Selular.ID – Vivo dan sejumlah perusahaan asal China kalahkan perusahaan Amerika Serikat di Piala Dunia 2022.
Beragam sponsor terpampang dan terlihat saat konferensi pers dari para peserta Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar mulai 20 November hingga 18 Desember 2022.
Dari sekian banyaknya sponsor Piala Dunia 2022, Wanda Group dan Vivo menjadi sponsor dengan pengeluaran terbesar pesta sepakbola dunia kali ini.
Mengutip dari aljazeera.com, Rabu (23/11/2022), China memang tidak mengirim Timnas Sepakbolanya ke Qatar.
Tetapi perusahaan China memberikan sponsor dengan tagihan tertinggi di Piala Dunia 2022.
TONTON JUGA:
Periusahaan China adalah sponsor terbesar turnamen ini, bahkan mengalahkan daftar perusahaan Amerika, seperti Coca-Cola, McDonald’s, dan Budweiser.
Sponsor dari perusahaan China memberikan dana hingga USD1,395 miliar atau setara Rp21,909 triliun (kurs Rp15.706,05/USD) untuk kompetisi berlangsung di Timur Tengah untuk pertama kali.
Baca juga: Demam Piala Dunia, Game FIFA23 Jadi Diskon di Steam
Sponsor China bernilai USD207 juta atau sekitar Rp3,251 triliun jika kita pecah dalam per tahun.
Lalu kesepakatan Qatar dan AS masing-masing senilai USD134 juta dan USD129 juta, menurut data.
Dominasi perusahaan China dalam persaingan mencerminkan aspirasi merek-mereknya untuk memperluas pengakuan mereka di luar negeri ke tingkat yang sesuai dengan ukuran dan jangkauan mereka yang terus berkembang.
Munculnya sponsor China juga sejalan dengan impian Presiden Xi Jinping untuk mengubah China.
Melalui Piala Dunia 2022, China ingin menjadi pusat kekuatan sepak bola melalui rencana dan target yang ambisius.
Misalnya seperti meningkatkan jumlah sekolah dengan lapangan sepak bola 10 kali lipat pada tahun 2025.
Empat Perusahaan China
Baca juga: Jadi Sponsor Piala Dunia 2022, Vivo Dorong Popularitas Smartphone Lipat X Fold Plus