Selular.ID – Dr Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix memberikan tips bagi para pelaku usaha atau UMKM untuk menghadapi resesi global.
Mulai dari pandemi Covid-19 hingga perang Ukraina-Rusia yang tidak ada ujung memperparah resesi global.
Resesi atau perlambatan ekonomi tentunya mempengaruhi daya beli masyarakat.
Hal ini mendorong mereka lebih selektif dalam pengeluaran dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan.
Lalu, bagaimana nasib para pelaku bisnis di tengah situasi ini?
TONTON JUGA:
Apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat bisnis bertahan di tengah masa-masa penuh ketidakpastian tahun depan?
Berikut adalah beberapa tips yang bisa para pelaku bisnis dan UMKM lakukan untuk menghadapi resesi global, simak ulasannya berikut ini.
Baca juga: Cara Membuat Akun WhatsApp Business dan Menggunakannya, Buat Bisnis Jadi Lancar
Manfaatkan peluang inovasi dengan riset pasar
Resesi seharusnya tidak menjadi penghalang sebuah bisnis untuk terus berinovasi.
Namun, di tengah perubahan gaya hidup masyarakat menjadi lebih selektif terhadap pengeluaran mereka.
Pelaku bisnis perlu mengeksplor peluang inovasi dan terus beradaptasi dengan kebutuhan dan minat masyarakat melalui riset pasar.
Riset pasar akan membantu memberikan insights bagi bisnis terkait produk dan tren yang tengah berkembang di tengah masyarakat.
Ketertarikan calon pelanggan dengan produk yang akan meluncur, hingga mengetahui harga yang rela mereka keluarkan untuk membeli produk tersebut.
Ada berbagai cara untuk melakukan riset pasar, salah satunya adalah dengan menggunakan platform survei online seperti Poplite by Populix.
Melalui platform ini, pelaku bisnis bisa menyesuaikan kriteria responden yang ingin pengusaha sasar sesuai dengan target market mereka.
Selain melakukan riset pasar, pelaku bisnis juga perlu terus mengevaluasi performa setiap produk yang dimiliki dan menentukan produk-produk apa yang paling menguntungkan bisnis, maupun merugikan bisnis.
Baca juga: 18 Startup di Indonesia yang Lakukan PHK Termasuk GoTo, Ada yang Sampai Tutup