Kamis, 18 April 2024
Selular.ID -

Hacker Sebenarnya Tidak Hebat, Kalau Tanpa Ada Faktor Ini

BACA JUGA

Selular.ID – Seorang Hacker sejatinya tidak mudah dengan yang namanya membobol sistem keamanan, pasti ada kesalahan atau campur tangan orang itu sendiri, berikut penjelasannya.

Keterangan ini diberikan oleh Stephanus Tumbelaka, Managing Director Princenton Digital Group (PDG) yang menyebutkan bahwa kalau hacker tidak akan semudah itu untuk membobol sistem keamanan.

Malah bisa jadi kemungkinan itu berasal dari faktor manusia, karena sebagian besar fraud yang terjadi diruang digital faktor manusia itu sendiri memiliki pengaruh yang paling besar.

“Hacker tuh gaakan semudah itu. Lebih banyak pengaruh orangnya, biasanya kalau menurut saya itu faktor human.” Timpalnya” ujar Stephanus di Bintaro, Selasa, 27 September 2022.

Baca juga : Sejarah Hacker Muncul di Dunia, Ternyata Ada Beberapa Kelas, Bjorka Masuk Kelas Mana?

Ia juga mengklaim bahwasanya, tiap-tiap sistem sudah pasti ada pengamannya, pasti tidak semudah itu untuk dibobol karena banyak layer-layer yang harus dilalui oleh hacker.

“Problem semuanya sudah pasti ada pengamannya, masalahnya ada di manusianya, pada saat prosedur dan manusia ada terjadi pelanggaran maka disana terjadi fraud. Percaya deh, Hacker tidak semudah itu.” Tegasnya Stephanus.

Stephhanus memang meyakinkan bahwa ini semua bukan serta merta hacker yang sangat pandai tetapi memang ada campur tangan manusia.

“Jadi memang itu dari pengaruh orangnya, ada orang yang memang sengaja membuka, agar itu semua bisa terjadi, bukan berarti yang ada sekarang itu betul-betul aman pasti keamanan akan terus dimaintanance.” Pungkasnya Stephanus.

Perihal keamanan, pihaknya menuturkan bahwa serangan siber dilakukan secara logical atau bukan serangan dalam bentuk fisik. Sehingga, pengamanannya juga harus melalui pendekatan yang sama.

“Serangan siber itu mereka lakukan secara logical, artinya bukan physical. Sehingga pengamanannya harus logical juga yang ada dua jenis, satu di network, kedua di level aplikasinya.” kata dia.

Baca juga : Hadapi Hacker Bjorka, Menkominfo Johnny G Plate Gunakan UU PDP

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU