BSSN Tanggapi Kebocoran Data Milik Lingkungan Kepresidenan

BSSN Tanggapi Kebocoran Data Milik Lingkungan Kepresidenan
BSSN Tanggapi Kebocoran Data Milik Lingkungan Kepresidenan

Selular.ID – Seperti diketahui, kebocoran data sedang ramai diperbincangkan setelah akun hacker atas nama Bjorka mengumbar berbagai data dari Indonesia, termasuk data-data milik lingkungan Kepresidenan.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), akhirnya angkat bicara soal ramainya dugaan insiden kebocoran data yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Ariandi Putra, Juru Bicara BSSN, Biro Hukum dan Komunikasi Publik, menyikapi dugaan insiden kebocoran data yang terjadi pada beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Dijelaskan Ariandi, BSSN telah melakukan penelusuran terhadap beberapa dugaan insiden kebocoran data yang terjadi, serta melakukan validasi terhadap data-data yang dipublikasikan.

BSSN melakukan koordinasi dengan setiap PSE yang diduga mengalami insiden kebocoran data, termasuk dengan PSE di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara.

Baca Juga:Data Menteri Kominfo Bocor, Akun Hacker Bjorka Kena Blokir

“BSSN bersama dengan PSE terkait telah dan sedang melakukan upaya-upaya mitigasi cepat untuk memperkuat sistem keamanan siber guna mencegah risiko yang lebih besar pada beberapa PSE tersebut,”terang Ariandi Putra.

Tak hanya itu BSSN juga telah melakukan koordinasi dengan penegak hukum, antara lain dengan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri untuk mengambil langkah-langkah penegakan hukum.

BSSN menegaskan bahwa keamanan siber merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, BSSN memberikan dukungan teknis dan meminta seluruh PSE untuk memastikan keamanan Sistem Elektronik di lingkungan masing-masing.

Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga:Sejumlah Aksi Hacker Bjorka, Terungkap Isi Percakapannya di Telegram

“Peraturan tersebut menyatakan bahwa setiap Penyelenggara Sistem Elektronik harus menyelenggarakan Sistem Elektronik secara andal dan aman serta bertanggung jawab terhadap beroperasinya Sistem Elektronik sebagaimana mestinya”. Pungkasnya.