Selular.ID – Sejak diperkenalkan 15 tahun lalu, Apple diketahui telah meluncurkan sebanyak 34 model iPhone.
Dari iPhone generasi pertama yang dirilis pada tahun 2007 hingga seri iPhone 13 yang dirilis pada tahun 2021, bentuk smartphone juga mengalami perubahan yang cukup signifikan.
Melihat kembali 34 model terakhir, menurut statistik media, seperti yang tim Selular himpun dari laporan Gizchina, Sabtu (27/08/22), Apple telah menjual total sebanyak 380 juta unit di China.
Baca juga: Jadwal Event Apple, Bakal Perkenalkan iPhone 14 hingga Watch Series 8
Total penjualan tersebut dikatakan memang merupakan suatu goals utama bagi Apple.
Pada tahun 2011, Apple mengirimkan 10,03 juta unit di China.
Kemudian pada tahun 2012, ia mengirimkan 23,82 juta unit, dan terus berkembang sejak itu, mencapai puncaknya 58,38 juta unit pada tahun 2015.
Alasan mengapa tahun itu adalah puncaknya adalah karena seri iPhone 6 sangat sukses dalam hal penjualan.
Baca juga: September Rilis iPhone 14, Oktober Apple Rilis iPad dan Mac Terbaru, Benarkah ?
Selanjutnya, penjualan iPhone di pasar China mulai menurun secara perlahan, turun menjadi 27,5 juta pada 2019.
Namun sejak saat itu pertumbuhannya sangat pesat, dengan pengiriman iPhone meningkat menjadi 34,4 juta pada tahun 2020 dan 50,4 juta pada tahun 2021.
Tentu saja, salah satu faktor terpenting dalam lonjakan penjualan iPhone dalam dua tahun terakhir adalah kenaikan biaya yang tiba-tiba.
Dalam konteks inflasi global, harga ponsel Android unggulan telah naik satu demi satu.
Mengenai model iPhone 14 yang akan datang, dilihat dari status pasar saat ini, diprediksi Apple akan ada hasil yang cukup baik.
Baru-baru ini, penjualan iPhone Apple tampil sangat baik selama perayaan 6,18 Cina.
Diperkirakan 14 juta smartphone dijual selama pameran dagang tahunan di China.
Dengan iPhone Apple menghasilkan lebih dari setengah dari penjualan tersebut.
Apple melakukannya dengan baik di acara 6.18 di tahun-tahun sebelumnya.
Namun, menurut laporan, perusahaan Amerika telah menjual total 7 juta smartphone pada 2022.
Baca juga: Simak Sejarah Tablet yang Muncul Sejak Tahun 1972, Bukan dari Apple
Xiaomi berada di posisi kedua di belakang Apple dan menguasai 30% pasar, sedikit turun dari 32% yang dicapai perusahaan tahun sebelumnya.
Podium dibulatkan oleh Honor, yang baru-baru ini memulai debutnya lewat Honor 70 dan saat ini memegang 10% dari pasar.
Angka yang meningkat mengingat korporasi memiliki 6% pasar pada tahun 2021.