Selular.ID – WIR perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) rambah industri Food & Beverage (F&B), dengan menggandeng PT Inspirasi Bisnis Nusantara, perusahaan pemegang merek dagang Haus!
Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group di Jakarta menjelaskan, WIR sangat mendukung hadirnya Haus! sebagai UMKM rintisan lokal di metaverse.
Bergabungnya Haus! ke metaverse merupakan salah satu upaya percepatan transformasi digital UMKM agar mampu beradaptasi dan eksis di era digital.
Di satu sisi, hal ini akan memperkaya ekosistem metaverse Indonesia, dan di sisi lain dapat mendorong terwujudnya perekonomian digital dan tumbuhnya ekonomi kreatif, tuturnya.
Teknologi digital metaverse menawarkan pengalaman unik bagi pengguna internet, seperti melihat pemandangan, mendengar suara, dan sensasi lainnya namun secara virtual.
Baca Juga:UBM dan WIR Kembangkan Metaverse untuk Dunia Pendidikan
“Dengan memanfaatkan platform metaverse, UMKM akan dapat melakukan interaksi virtual realistik dengan konsumen, bahkan dalam cakupan global, dalam bentuk dan format yang tidak terbayangkan sebelumnya,”terang Gupta.
Menurutnya, Platform metaverse mampu membuka berbagai peluang baru khususnya bagi pengembangan bisnis, oleh sebab itu sudah saatnya pelaku UMKM mulai memanfaatkan teknologi agar dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing mereka.
“Kami membangun platform metaverse untuk menjawab kebutuhan dunia metaverse masa depan. Kami membantu menavigasikan mereka dalam berinteraksi di dunia metaverse yang memang memerlukan cara-cara khusus,” tutup Gupta.
Gufron Syarif, Chief Executive Officer HAUS! Menuturkan, dalam perjalanan bisnisnya, Haus! melihat potensi yang sangat besar pada pasar milenial dan Gen Z yang sangat lekat dengan teknologi digital.
Mengacu pada data Bank Indonesia (BI) tercatat nilai transaksi digital banking pada tahun 2021 mencapai Rp39.841,4 triliun atau tumbuh 45,64 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini jelas menunjukkan bahwa implementasi teknologi digital memiliki potensi yang besar.
“Kami melihat potensi luar biasa dari pasar yang sangat familiar dengan media dan teknologi digital ini. Oleh karena itu, kami mencoba meraih peluang yang ada dengan memadukan yang sudah memiliki 197 outlet yang tersebar di 18 kota di Pulau Jawa kebiasaan mereka yang digital-minded dengan selera akan minuman dan makanan kekinian yang terjangkau,” ujar Gufron.
Baca Juga:WIR Group Sukses Pamerkan Prototype Dunia Pendidikan Metaverse di WEF 2022
Gufron menambahkan, kehadiran Haus! di metaverse akan mempermudah konsumen maupun masyarakat umum untuk mengenal Haus! lebih dalam.