Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Cara Tokopedia Dekatkan UMKM ke Tengah Masyarakat

BACA JUGA

Seluruh bahan busana bertema etnik yang Dakara Indonesia adopsi menggunakan bahan tenun ikat dan lurik.

Pemilik Dakara Indonesia, Ayu Purnama menyampaikan melalui Dakara, dirinya membuat tenun lebih modern supaya dapat semua kalangan terima, termasuk anak muda.

“Kami mulai berjualan di Tokopedia di awal pandemi karena toko offline harus tutup,” ujar Ayu Purnama.

“Saya juga mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun untuk membuat masker, tas pinggang, obi dan lain-lainnya.”

“Sedangkan kami menggandeng penjahit rumahan untuk memproduksi outer, blouse, celana hingga tunik bersama Dakara agar mereka bisa tetap menjaga ekonomi keluarga,” imbuhnya.

Dakara Indonesia rutin mengikuti berbagai kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest dan Women in Style di Tokopedia.

Omzet Dakara Indonesia 90% berasal dari Tokopedia.

Baca juga: 5 HP Murah Suport 5G dan NFC Bulan Juni 2022, Harga Mulai Rp2 Jutaan

Sancraft, Angkat Keunikan Indonesia melalui Ilustrasi

Pemilik Sancraft, Sanjung Sari Pursie, memulai usaha setelah ia mendapatkan respon positif dari rekannya saat menghasilkan totebag.

Totebag ini merupakan ilustrasi buatan sendiri, yang terinspirasi dari karya seniman-seniman di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Kini berbagai ikon khas Jakarta, seperti ondel-ondel, bajaj, bis kota hingga tari jaipong, juga menjadi ilustrasi pada produk Sancraft.

“Seiring berjalannya bisnis, kami pun terus melakukan inovasi, salah satunya dengan memproduksi jenis produk baru, seperti gantungan kunci dan notes,” ujar Sanjung.

Pandemi menjadi tantangan Sanjung dalam berbisnis karena omzet dari gerai offline turun drastis hingga 50%.

“Sancraft bergabung di Tokopedia pada 2020 dan berhasil bertahan di tengah pandemi bahkan mampu menjaring lebih banyak pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia,” tutupnya.

Tren Jual-Beli Online di DKI Jakarta Kuartal II 2022 di Tokopedia
Beberapa Kategori Terlaris beserta Produk Paling Laku di DKI Jakarta
Makanan dan MinumanKesehatanRumah TanggaElektronikOtomotif
  • Buah-buahan
  • Makanan siap saji instan
  • Keripik
  • Obat herbal
  • Tisu
  • Masker kesehatan
  • Kotak karton
  • Kantong sampah
  • Benih bibit tanaman
  • Bohlam lampu
  • Earphone
  • Kipas angin listrik
  • Aksesoris body motor
  • Sabun pembersih kendaraan
  • Radiator dan komponen mobil

 

Tren Kenaikan Jumlah Penjual dan Pembeli di DKI Jakarta
Kota Administrasi Jakarta Selatan merupakan kota administrasi dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi selama kuartal II 2022.Kota Administrasi Jakarta Timur merupakan kota administrasi dengan peningkatan jumlah pembeli dan transaksi paling tinggi selama kuartal II 2022.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU