Babak Baru Tuduhan Pelanggaran Undang-Undang Valas Oleh Xiaomi

Jain sekarang adalah wakil presiden global Xiaomi yang berbasis di Dubai. Ia adalah figur kunci kebangkitan Xiaomi di India.

Berkat tangan dinginnya, Xiaomi mampu menguasai pasar smartphone India. Menghentikan dominasi Samsung yang selama bertahun-tahun sebelumnya menjadi penguasa pasar.

Penjualan smartphone di India menyusut pada tahun lalu, imbas covid-19 dan terbatasnya pasokan. Meski demikian, Xiaomi masih menggamit posisi puncak pada akhir 2021 dengan pangsa pasar 24%, menurut Counterpoint Research.

Demi memperluas pasar, Xiaomi juga menjual gadget teknologi lainnya termasuk jam tangan pintar dan televisi, dan memiliki 1.500 karyawan di negara ini.

Banyak perusahaan China telah berjuang untuk melakukan bisnis di India. Ketegangan politik antar kedua negara, dipicu oleh bentrokan perbatasan yang merebak pada 2020 yang menewaskan sejumlah tentara India.

Imbasnya, otoritas India menjadikan masalah keamanan sebagai alasan munculnya kebijakan larangan kepada lebih dari 300 aplikasi asal China sejak pertengahan tahun lalu.

Baca Juga: Penjualan Ponsel di India Turun Drastis, Krisis Pasokan Jadi Biang Kerok

Kebijakan tegas itu dibarengi dengan upaya memperketat norma dan aturan baru bagi perusahaan China yang berinvestasi di India.

Selain vendor-vendor smartphone asal China, perusahaan jaringan seperti ZTE dan Huawei juga tak lagi sepenuhnya leluasa berbisnis di negara itu.

Baca Juga: India Sita Aset Xiaomi Rp10,5 Triliun Karena Masalah Valas