Selular.ID – Di awal tahun ini Telkomsel memperkuat sinergi bersama mitra modern channel yang selama ini telah menjadi bagian dari ekosistem supply chain perusahaan, yang akan semakin melengkapi ragam produk dan layanan hingga pemutakhiran sistem transaksi yang mengakomodir kemudahaan akses bagi pelanggan.
Komitmen bersama ini dihadirkan dengan mengedepankan konsep customer-centricity dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang kian dinamis, terutama untuk mengakselerasikan gaya hidup digital guna beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.
Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan “Memahami perubahan perilaku dan gaya hidup pelanggan dalam memanfaatkan layanan digital guna beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19, Telkomsel terus melakukan berbagai inovasi dalam menghadirkan produk dan layanan terdepan.”
“Bersama dengan mitra, kami berkomitmen untuk memastikan hadirnya saluran pembelian produk dengan mengedepankan konsep customer-centricity yang menawarkan kecepatan dan kemudahaan bertransaksi yang lebih relevan dengan kebutuhan pelanggan,” ucapnya.
Dalam beberapa tahun terakhir, transaksi pembelian produk dan layanan Telkomsel melalui saluran modern yang terdiri dari mitra chain retailer (Alfamart, Indomaret, Alfamidi), mitra perbankan (seperti BNI, Bank Mandiri, BCA), mitra online retailer (e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Gojek, Grab), hingga mitra device retailer (seperti Erafone, Selular Shop, Point2000) terus mengalami pertumbuhan yang signifikan dibanding sebelum berlangsungnya masa pandemi COVID-19.
Saat ini transaksi pembelian isi ulang pulsa/paket data sendiri melalui mitra modern telah mencapai sekira 56 persen dari total transaksi di seluruh saluran penjualan Telkomsel, dengan transaksi tertinggi di wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar.
Dengan penguatan sinergi bersama yang telah dilakukan, kini melalui modern channel, pelanggan Telkomsel tidak hanya bisa dapat melakukan pembelian produk seperti isi ulang pulsa/paket data dan kartu Telkomsel Prabayar, namun juga pengembangan ragam transaksi untuk pembayaran layanan Telkomsel Halo (pascabayar), pembelian produk Telkomsel Orbit, layanan upgrade kartu uSIM 4G/LTE, hingga pembelian produk Personalized Offers yang sesuai dengan profil pelanggan.
Direktur PT Abdi Anugerah Persada anak usaha dari PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) Abraham Theofilus, sebagai salah satu mitra Telkomsel menjelaskan, “Dengan konsep partnership modern channel Telkomsel di periode 2022-2023 ini, banyak hal baru yang menjadikan kami sebagai mitra agregator menjadi lebih fokus dan agresif bersama mitra modern channel, dalam melayani pelanggan Telkomsel secara lebih optimal.”
Sigit lebih lanjut menambahkan, bersama 41 mitra agregator dan 76 mitra yg bergabung sebagai modern channel, Telkomsel siap menjawab kebutuhan pelanggan yang selama ini menginginkan ragam pilihan akses produk dan layanan, terutama dengan mendorong digitalisasi proses transaksi.
Sehingga kemudahan akses atas produk dan layanan menjadi hal utama yang harus dihadirkan, dan penguatan sinergi bersama mitra ini menjadi bagian komitmen Telkomsel untuk lebih mendorong ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia.
Telkomsel juga telah mengembangkan saluran modern channel yakni mitra untuk memperkuat konsep omni-channel yang menggabungkan konsep online dan offline dalam proses transaksi pelanggan, dimana pelanggan bisa dengan mudah melakukan pembelian paket produk terlebih dahulu dengan scan QR Code atau akses UMB *363*369#, kemudian melakukan pembayaran di saluran mitra chain retailer.
Baca Juga: Jadi Mitra Telkomsel, Vivo Siap Hadirkan Pengalaman 5G