Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital, Alita Gandeng ITENAS dan ARS University

Alita Kolaborasi dengnan ITENAS dan ARS University
Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya (kanan), bersama dengan Rektor ARS University Purwadhi (kiri) menandatangani kerjasama magang kolaborasi industri dengan institusi pendidikan dalam rangka program Kampus Merdeka di Bandung, hari ini (19/1/2022).

Teguh menambahkan saat ini masih banyak terdengar keluhan sulitnya lulusan perguruan tinggi mencari pekerjaan, sementara di sisi lain, banyak perusahaan kesulitan mendapatkan pegawai dengan kualifikasi yang memenuhi kebutuhan industri.

“Bukan karena pekerjaan tersebut memerlukan pengalaman kerja bertahun-tahun atau keahlian khusus yang sulit dipelajari, namun kebutuhan industri ternyata tidak dipelajari di kampus,” ujarnya.

Adanya kerjasama ini merupakan kolaborasi menguntungkan bagi institusi pendidikan dan industri, termasuk mempersiapkan mahasiswa untuk mengukur sejauh mana implementasi ilmu yang diperoleh di kampus dengan ilmu di dunia kerja nyata.

Di sisi lain, kampus dan industri bersama mengembangkan kurikulum atau memetakan apa saja yang menjadi kebutuhan industri saat ini atau bersama melihat tren kebutuhan industri di masa depan.

Baca Juga: CSIS: Tanpa Adanya Infrastruktur Digital, Pembangunan Ekonomi yang Inklusif Sulit Terlaksana

Alita Kolaborasi dengnan ITENAS dan ARS University
Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya (kanan), bersama dengan Rektor Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS) Meilinda Nurbanasari (kiri) menandatangani kerjasama magang kolaborasi industri dengan institusi pendidikan dalam rangka program Kampus Merdeka di Bandung, hari ini (19/1/2022).

Alita mengharapkan kolaborasi ini berjalan dengan lancar dan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi semua pihak.

Perlu digarisbawahi bahwa pada dasarnya peran kampus sangat signifikan dalam menjembatani kebutuhan industri sekaligus dalam membantu mahasiswa untuk memilih karir yang sesuai dengan passion-nya.

Oleh karena itu, ekstensifikasi Kampus Merdeka melalui learning hub sudah semestinya menjadi panggung bagi kampus untuk memimpin proses link and match dengan mencetak sarjana berkualitas yang siap bersaing di era Industri 4.0.

“Dengan kolaborasi ini kami nantikan berbagai inovasi solusi pintar dari kampus untuk kita bawa bersama guna menjawab kebutuhan industri hingga dapat dinikmati manfaatnya segera oleh masyarakat secara meluas,” ujarnya.

Baca Juga: Telkom Perkuat Infrastruktur Digital Ekosistem Bisnis Media