spot_img
BerandaBuyer's GuidePilih Amazfit T-Rex Pro atau Garmin Instinct, Ini Rekomendasi Smartwatch Berstandar Militer

Pilih Amazfit T-Rex Pro atau Garmin Instinct, Ini Rekomendasi Smartwatch Berstandar Militer

-

Jakarta, Selular.ID – Jam tangan taktis dengan standar militer menjadi salah satu jenis smartwatch yang banyak diminati, khususnya bagi mereka yang gemar menjajal petualangan ekstrem. Jam tangan taktis dirancang sebagai perangkat yang tangguh dalam menemani penggunanya menaklukkan berbagai kondisi menantang, karenanya jenis jam tangan ini umumnya diuji dengan tes ketahanan berstandar militer.

Tak hanya lulus uji ketahanan militer, jam tangan taktis masa kini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih, mulai dari fitur olahraga, kesehatan, navigasi hingga hiburan.

Cek rekomendasi 3 jam tangan taktis yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang berjiwa petualang dan gemar olahraga ekstrem:

Amazfit T-Rex Pro

Sudah dijual di Indonesia seharga Rp3.499.000, smartwatch ini telah lulus 15 tes berstandar militer dan dapat bertahan di hampir semua kondisi ekstrem, termasuk tahan guncangan, mampu bertahan dalam cuaca ekstrem, gurun yang sangat kering, dan hutan hujan yang lembab. Dirancang untuk aktivitas luar ruangan, jam tangan ini didukung dengan empat sistem satelit navigasi global yang dapat membantu melacak lokasi bahkan saat berada di lingkungan yang sulit ditemukan bila hanya mengandalkan GPS semata. Amazfit T-Rex Pro adalah teman terbaik bagi mereka yang ingin mendobrak batas kemampuan, berpetualang menuju hal yang baru.

Fungsi pemantau kesehatan dan kebugarannya yang komprehensif mencakup sejumlah mode olahraga outdoor yang dikenal juga sebagai aktivitas petualangan, sehingga memudahkan penggunanya untuk tetap bugar dan sehat saat berpetualang keluar dari zona nyaman. Untuk menghadirkan pemantauan kesehatan yang lebih mendalam bagi penggunanya, Amazfit T-Rex Pro menawarkan evaluasi yang dipersonalisasi melalui sistem penilaian kesehatan Personal Activity Intelligence (PAI). PAI mengolah semua data yang dikumpulkan mulai dari latihan, detak jantung, dan data terlacak lainnya, untuk kemudian menampilkannya sebagai skor evaluasi kesehatan penggunanya. Melalui nilai ini, pengguna dapat mengetahui pencapaian terbaiknya dan menetapkan target yang ingin dicapai selanjutnya.

Smartwatch ini juga dapat melacak variabilitas detak jantung (HRV) untuk memonitor respon tubuh terhadap stres karena dilengkapi dengan BioTracker 2 PPG Bio-Tracking Optical Sensor yang dapat melakukan pemantauan detak jantung secara tepat selama 24 jam dan memberikankan peringatan jika detak jantung penggunanya terlalu tinggi. Fitur pemantauan kualitas tidur SomnusCare dari Amazfit T-Rex Pro juga dapat membantu pengguna untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Selain lulus 15 tes berstandar militer, Amazfit T-Rex Pro juga lulus tiga tes ketahanan tambahan. Berbagai fungsi baru yang dapat ditemukan pada Amazfit T-Rex Pro mencakup: ketahanan terhadap air hingga 10 ATM, sistem pengukuran tingkat saturasi oksigen dalam darah, empat sistem satelit navigasi global, altimeter barometrik, serta memiliki lebih dari 100 mode olahraga. Dari segi tampilan, semua informasi yang dibutuhkan pengguna tersedia dalam sekejap dan mudah dibaca berkat layar AMOLED 1,3 inci yang memiliki tampilan jernih dan berwarna-warni. Dengan desain sudut yang menarik, bingkai luar berlapis logam yang kokoh menjaga bobotnya tetap ringan, melengkapi tampilan keseluruhan yang tangguh dan menarik. Dengan tali silikon yang kuat namun ramah kulit dan tahan keringat, Amazfit T-Rex Pro hadir dalam tiga pilihan warna: Meteorite Black, Desert Grey, dan Steel Blue.

Selain mengatur alarm, jam tangan pintar ini juga dapat memberitahu pengguna saat ada pengingat ataupun pesan teks dan panggilan masuk. Tak hanya itu, Amazfit T-rex Pro juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol musik yang ada di ponsel dari jam tangan – untuk membantu meningkatkan semangat saat berlatih fisik ataupun ketika pengguna hanya ingin bersantai dan menikmati daftar putar lagu favorit.

Garmin Instinct

Dengan harga resmi Rp3.999.000, jam tangan yang dirancang untuk menunjang aktivitas luar ruang penggunanya ini menonjolkan ketangguhan yang dapat diandalkan. Lulus uji standar militer AS MIL-STD-810G untuk ketahanan termal, kejut, dan air. Garmin Instinct juga dilengkapi dengan Built-in kompas 3-sumbu dan altimeter barometric ditambah tiga sistem satelit navigasi global untuk membantu melacak di lingkungan yang lebih menantang. Dalam hal fitur kesehatan, Garmin Instinct memungkinkan penggunanya untuk memantau detak jantung, aktivitas, dan tingkat stres.

Jam tangan ini juga memiliki fitur TracBack untuk dapat membantu penggunanya menempuh rute yang sama untuk kembali ke titik awal. Masa pakai baterai untuk Garmin Instinct adalah hingga 14 hari dalam mode smartwatch, hingga 14 jam dalam mode GPS, hingga 35 jam dalam mode penghemat baterai UltraTrac (tergantung pengaturan). Dari segi tampilan, Garmin Instinct memiliki casing berbahan polimer yang diperkuat serat sehingga menambah kekuatan dan daya tahan. Layarnya juga memiliki lapisan anti gores yang cukup kontras untuk dibaca di bawah sinar matahari yang terang.

Kelebihan lain dari jam tangan ini adalah terdapat fitur notifikasi cerdas yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi antara ponsel dengan jam tangan dan komunitas kebugaran online Garmin Connect untuk mengunggah data secara otomatis, melakukan pelacakan langsung, serta mengaktifkan fitur GroupTrack. Pengguna juga dpat menghubungkat jam tangan dengan situs web dan aplikasi Garmin Explore untuk merencanakan petualangan yang dikehendaki.

Baca juga :  Ini Dia Harga Terkini Oppo Reno Series di Indonesia, Mulai dari Rp4 Jutaan
Baca juga :  Resmi Dipasarkan, Realme C11 2021 Varian 4/64 Dijual Rp1 Jutaan

Casio Pro Trek Seri PRT-B50

Bagi penggemar jam tangan analog, Casio Pro Trek bisa jadi salah satu pilihan, karena merupakan jam tangan analog-digital yang dirancang sebagai perangkat yang dapat diandalkan oleh para pendaki, penjelajah alam, dan penggemar kegiatan luar ruang lainnya. Meskipun tidak terdapat keterangan mengenai apakah jam tangan ini telah lulus standar ketahanan militer atau tidak, namun seri PRT-B50 memiliki kemampuan Bluetooth yang memungkinkan komunikasi data dengan ponsel cerdas yang menjalankan aplikasi Pro Trek Connected.

Sistem Quad Sensor yang terdapat pada jam tangan seharga Rp3.749.000 ini menggunakan sensor ramping yang memungkinkan kompas serta pengukur ketinggian/barometer dan pengukuran suhu dikemas bersama akselerometer yang melacak jumlah langkah. Penghitung kalori menggunakan informasi jumlah langkah dan ketinggian sehingga dapat memperhitungkan tanjakan dan turunan, dan jumlah kalori yang terbakar dicatat oleh aplikasi. Aplikasi secara otomatis mencatat data ketinggian yang diukur oleh jam dan informasi rute yang didapatkan dari GPS ponsel cerdas, dan pengguna bisa merencanakan titik ketinggian di sepanjang rute secara manual menggunakan fitur Trekking Log.

Pengguna juga bisa menjalankan operasi tombol jam untuk mencatatkan lokasi saat ini ke dalam memori. Konektivitas ponsel cerdas menyederhanakan konfigurasi pengaturan, dan Penyesuaian Waktu Otomatis memastikan bahwa pengaturan waktu selalu benar di mana pun penggunanya berada. Jam ini juga dapat dikonfigurasi agar mengambil informasi ketinggian menggunakan GPS ponsel cerdas dan mengoreksi pembacaan ketinggiannya secara otomatis. Jika jam dihubungakan ke ponsel, jam juga akan mengambil informasi koordinat garis bujur dan garis lintang, yang digunakan untuk menghitung waktu matahari terbit dan terbenam di lokasi pengguna.

Dari segi tampilan, jam tangan ini memiliki penutup belakang yang terbuat dari resin yang ditanami serat kaca yang ringan dan tangguh. Layar yang lebar membuat data angka mudah dibaca dalam sekilas pandang. Layar jam juga dipadukan dengan bezel besar berputar untuk menciptakan desain petualang luar ruang yang sportif dan atraktif. Tali jam berbahan uretan memiliki tekstur 3D untuk mencegah cincin tali bergeser dari posisinya.

Spesifikasi lengkap Amazfit T-Rex Pro, Garmin Instinct, dan Casio Pro Trek PRT-B50

SpesifikasiAmazfit T-Rex ProGarmin InstinctCasio Pro Trek PRT-B50
LensaTempered glass dengan lapisan anti sidik jariKaca yang diperkuat secara kimiaKaca Mineral
Resolusi layar1.3″ Color AMOLED beresolusi: 360×360 pikselMonochrome beresolusi: 128 x 128 pikselLayar analog & digital dilengkapi lampu LED Otomatis, Neon & Super iluminator, resolusi: n/a
Ukuran47,7 x 47,7 x 13,5 mm45 x 45 x 15,3 mm57,5 x 50,8 x 15,8 mm
Berat59,4 g (termasuk tali/strap)52 g64 g (termasuk tali/strap)
Bahan tali/strapSilikonSilikonResin
Bahan rangka/bodyPolycarbonatePolimer yang diperkuat seratResin
Kemampuan water-resistance10 ATM10 ATM10 ATM
Masa pakai bateraiPenggunaan normal: hingga 18 hari

Penggunaan intensitas tinggi: hingga 9 hari

GPS selalu on: 40 jam

Mode Jam Pintar: 14 hari

Mode UltraTrac: hingga 35 jam

Mode GPS: hingga 14 jam

Baterai dapat bertahan hingga kurang lebih 2 tahun
BluetoothBluetooth® 5.0 BLEBluetooth®, ANT+®Smartlink Bluetooth®
SensorBioTracker™2 PPG Bio-Tracking Optical Sensor, 3-axis acceleration sensor, 3-axis gyroscope sensor, Geomagnetic sensor, Ambient light sensor, Barometric altimeterGPS, GLONASS, Galileo, Garmin Elevate, Altimeter barometrik, Kompas elektronik, Akselerometer, TermometerQuad sensor (Kompas, Altimeter, Barometer, Akselerometer), Termometer, Akselerasi 3 sumbu
Fitur olahragaAmazfit T-Rex Pro memiliki lebih dari 100 mode olahraga (termasuk di dalamnya mode olahraga outdoor seperti Hunting, Climbing, Fishing, Hiking, Skateboarding, Roller skating, Rock climbing, Orienteering, Parkour) dan dapat digunakan untuk memantau data penting seperti detak jantung waktu latihan, jarak tempuh, kecepatan gerakan, dan kalori yang terbakar secara real time untuk sebagian besar mode olahraga, untuk membantu penggunanya melacak dan meningkatkan kinerja atletiknya.Fitur Gym (Latihan Kekuatan, Latihan Kardio dan Eliptikal, Naik-turun Tangga, Floor Climbing, Rowing Indoor dan Yoga), Fitur Outdoor (Mendaki gunung, Memanjat, Bersepeda Gunung, Ski, Seluncur Salju, Ski XC, Paddleboard, Rowing, Indoor Rowing, Kayak, Taktikal), Fitur Berlari (Lari, Treadmill, Lari Lintas Alam), Fitur Bersepeda (Bersepeda, Sepeda Statis dalam ruang, Bersepeda Gunung), Fitur Berenang (Renang di Kolam Renang, Renang di Laut)n/a dirancang untuk trekking, pendaki, penjelajah alam, pekemah, dan penggemar kegiatan luar ruang lainnya.
Harga di gerai resmiIDR 3,499,000,-IDR 3,999,000,-IDR 3,749,000,-
spot_img

Artikel Terbaru