spot_img
BerandaNewsE-CommerceTokopedia: Kanal Digital Bagi UMKM Membuat lebih Tangguh Dalam Sikon Apapun

Tokopedia: Kanal Digital Bagi UMKM Membuat lebih Tangguh Dalam Sikon Apapun

-

Jakarta, Selular.ID – Menurut riset terbaru, Tokopedia disebut-sebut menjadi e-commerce paling populer di kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM), menurut Puput Hidayat.AVP of Product Tokopedia, hal ini dikarenakan Tokopedia dinilai memberikan frekuensi transaksi tersering, memiliki kualitas fitur yang mudah dioperasikan oleh penjual hingga memberikan omzet penjualan terbesar bagi para UMKM.

Selain itu, menurut Puput para UMKM menilai Tokopedia sedikit unggul dalam memberikan manfaat, antara lain membuka akses terhadap pasar nasional, memberi dukungan terhadap produk atau UMKM lokal dan memberikan pendampingan serta edukasi kepada penjual.

“Di sisi lain, data internal Tokopedia mencatat kini ada lebih dari 11 juta penjual di platform-nya dan hampir 100% UMKM. UMKM lokal di Tokopedia terdiri dari maker (produsen) maupun reseller. Mereka sama-sama berkontribusi pada perekonomian digital,” jelas Puput.

Tokopedia di sisi lain aktif memberikan pendampingan serta materi edukasi bagi UMKM lokal. Contohnya lewat Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller hingga media sosial. Juga lewat berbagai panggung yang membantu UMKM menjangkau lebih banyak masyarakat, seperti Bangga Buatan Indonesia, TokoMart, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi.

Berbagai inisiatif tersebut turut mendongkrak kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fesyen, Kecantikan, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak dan Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat di Tokopedia selama kuartal II/2021

Baca juga :  Empat Juta Lebih UMKM Bergabung di Ekosistem GoTo Selama Pandemi

Puput menambahkan bahwa UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Mereka berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi. Puput menyebutkan, Songket PaSH dan Ikan Asin Medan adalah contohnya.

Kiagus Adit, Produsen Songket PaSH, dari Palembang, menyatakan, meski penjualan sempat menurun hingga 60% di awal pandemi, pemanfaatan platform Tokopedia membuat penjualan kembali stabil. Omzet dan omzet bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan.

Adit pun memberikan tips untuk UMKM khususnya maker dalam berjualan, “Pertama, cari tahu produk yang paling laku, lalu lakukan analisis kompetitor untuk menentukan harga jual. Setelah itu ciptakan brand awareness, salah satunya dengan beriklan lewat fitur yang tersedia, misal TopAds, atau pasang harga lebih murah. Kecepatan dalam merespon chat pelanggan juga menjadi kunci.”

Baca juga :  Pemerintah Targetkan Digitalisasi 30 Juta UMKM Lokal di 2040, Ini Dia Langkah Stategisnya  

Tanoto Frans, Pemilik Ikan Asin Medan,  UMKM reseller yang memberdayakan puluhan nelayan Medan, mengungkapkan, “Lebih dari 85% penjualan ikan asin medan berasal dari Tokopedia. Omzet bulanan disebutkan Frans kini mencapai ratusan juta rupiah.

Frans juga membagikan tips jualan sebagai UMKM reseller, yakni arus teliti memilih supplier yang tepat agar kualitas produk selalu terjamin karena supplier tersebut akan menjadi mitra jangka panjang penjual. Penjual juga harus memahami kebutuhan masyarakat dan tidak berhenti berinovasi.

.

spot_img

Artikel Terbaru