BerandaNewsFinTechHUT ke-4 Ovo Berhasil Gandeng 1 Juta Merchant

HUT ke-4 Ovo Berhasil Gandeng 1 Juta Merchant

-

Jakarta, Selular.ID – Ovo tepat berusia 4 tahun pada tanggal 25 September 2021. Perusahaan kini telah hadir di lebih dari 430 kota dan kabupaten, dengan lebih dari 1 juta merchant dari berbagai industri, termasuk UMKM yang telah mengimplementasikan QRIS.

Sebagai wujud terima kasih kepada seluruh pengguna, merchant, mitra, pemangku kepentingan dan para karyawan atas kolaborasinya selama ini, Ovo hadir guna membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia melalui akselerasi transformasi pembayaran digital. “Kami sangat bersyukur kolaborasi solid ini mengantarkan Ovo menjadi platform pembayaran digital terpercaya pilihan nomor satu di Indonesia”, ujar Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur Ovo, dalam acara virtual, Selasa (28/9/2021).

Jangkauan Ovo yang semakin luas dari tahun ke tahun tidak lepas dari penerimaan positif dan aktif masyarakat yang semakin mengenal literasi dan kini inklusif keuangan digital. Platform pembayaran digital ini kini mempunyai 71% pengguna aktif dan tingkat brand awareness hingga 96%. Dengan kata lain, Ovo menjadi platform pembayaran digital pembayaran digital terpopuler di Indonesia.

Karaniya menambahkan, “Sejak awal, Ovo mengadopsi prinsip open ecosystem dan model terintegrasi untuk menciptakan lanskap pembayaran digital dan layanan keuangan yang inklusif. Hal ini menjadi bagian terpenting dari transformasi pembayaran digital yang dijalankan oleh Ovo, sehingga mampu membuka akses luas bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berbagai penggunaan, diimbangi dengan kemudahan dan keamanan akses dalam bertransaksi digital.”

“Selama 4 tahun perjalanannya, kehadiran transformasi pembayaran digital Ovo menjadi penghubung bagi beragam layanan keuangan yang komprehensif dan multi bidang, baik transaksi online maupun offline. Tidak hanya menjadi penghubung transaksi digital seperti transportasi, pemesanan makanan, dan belanja online, tetapi layanan Ovo saat ini telah berkembang mencakup asuransi, investasi hingga pinjaman,” papar Karaniya.

Baca juga :  Redam Pengaruh Pinjol Ilegal, AFPI Tekan Bunga Pinjaman Hingga 50 Persen

Kehadiran Ovo terbukti memberikan efek ganda (efek multiplier) positif yang tidak hanya memberikan manfaat kepada pengguna, tetapi juga bagi merchant yang bergabung. Inilah yang menjadi pemicu digitalisasi untuk masyarakat, UMKM dan mitra sehingga menciptakan siklus pertumbuhan yang positif, seperti contohnya Ovo mampu mencatat peningkatan transaksi merchant online sebesar 76 persen di semester pertama 2021. Hal ini juga didukung oleh studi CORE Indonesia yang juga mencatat 82 persen UMKM menyatakan terbantu oleh ekosistem Ovo yang luas.

Baca juga :  Dukung Pemerintah, Grab dan Ovo Perluas Digitalisasi Pasar

Studi Kadence International Indonesia mengungkapkan Ovo merupakan pembayaran digital nomor satu yang paling sering digunakan. Beberapa alasan konsumen memilih Ovo antara lain mencakup bisa digunakan di banyak aplikasi atau merchant online, dapat melakukan transfer saldo ke rekening bank, memiliki banyak promo dan cashback, biaya top-up paling rendah, dan dipergunakan banyak toko atau merchant offline.

“Kami berharap, Ovo dan seluruh lapisan masyarakat bersama-sama dapat ikut mendukung transformasi pembayaran digital untuk mendongkrak perekonomian nasional, mendukung kemajuan literasi keuangan dan mewujudkan cita-cita Indonesia tahun 2045 akan masuk lima besar ekonomi dunia,” tutup Karaniya.

Artikel Terbaru