spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapDuel Performa Oppo Find X3 Pro 5G vs. Samsung Galaxy S21 Plus

Duel Performa Oppo Find X3 Pro 5G vs. Samsung Galaxy S21 Plus

-

Jakarta, Selular.ID – Salah satu indikator smartphone powerful ada pada chipset yang ditanam. Dipadu software andal dan dukungan RAM dan storage lega, ponsel dipastikan ngacir diajak multi-tasking.

Dua smartphone dengan kinerja andal yang edar di pasaran adalah Oppo Find X3 Pro 5G dan Samsung Galaxy S21 Plus. Sebelum membandingkan kinerja keduanya, mari kita tengok jeroan duo ponsel flagship 2021 ini.

Chipset

Oppo Find X3 Pro 5G

Find X3 Pro 5G adalah salah satu smartphone pertama yang datang dengan chipset powerful Snapdragon 888 besutan Qualcomm. SoC diproduksi menggunakan proses fabrikasi 5nm.

Snapdragon 888 menawarkan prosesor tri-cluster delapan inti yang ditingkatkan yang memberikan kinerja hingga 25% lebih baik dibandingkan CPU Snapdragon 865 dan efisiensi daya yang lebih baik. Headlining delapan core ini adalah Kryo 680 Prime @ 2.84GHz berdasarkan desain top Cortex-X1 ARM.

Selanjutnya ada trio Kryo 680 Gold @ 2.42GHz berbasis Cortex-A78 biasa. Cluster terakhir, ada empat Kryo 680 Silver @ 1.8GHz berdasarkan Cortex-A55 untuk tugas reguler, dan mereka menjadikan jumlah core total menjadi delapan.

Snapdragon 888 hadir dengan GPU Adreno 660 baru, yang menawarkan peningkatan kinerja 35% dibandingkan Adreno 650 di dalam SD865 dan Find X2 Pro. Ini mendukung OpenGL ES 3.2, Vulcan 1.1, dan teknologi naungan tingkat Variabel baru.

Chipset Snapdragon 888 juga dilengkapi dengan Hexagon 780 DSP baru dengan mesin AI generasi keenam. Ada juga ISP baru dan modem X60 5G/LTE terintegrasi baru. Wi-Fi 6 didukung, ada dukungan asli untuk UFS 3.1, dan juga opsi QuickCharge 5 baru.

Oppo Find X3 Pro 5G memiliki 12GB RAM LPDDR5 dan penyimpanan 256GB UFS 3.1, tidak dapat diperluas.

Galaxy S21 Plus

Seperti yang sudah-sudah, Galaxy S21 Plus memiliki 2 varian chipset. Di Amerika Utara dan Cina menerima Snapdragon 888 dari Qualcomm, sementara handset di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dilengkapi dengan SoC Exynos 2100 milik Samsung sendiri.

Prosesor di kedua chip memiliki pengaturan tri-cluster dan menggunakan inti yang sama. Headlining prosesor ini adalah ARM’s Cortex-X1, desain yang berfokus pada kinerja tanpa kompromi berdasarkan Cortex-A78. Selanjutnya adalah trio Cortex-A78s, sementara empat Cortex-A55s untuk regular menjadikan jumlah inti total menjadi delapan.

Kecepatan Exynos membaca 1×2.9GHz + 3×2.8GHz + 4×2.2GHz. Di bagian depan GPU, Exynos 2100 menggunakan GPU Mali-G78 dengan 14 core dan menjanjikan peningkatan 46% dibandingkan generasi sebelumnya.

RAM LPDDR5 pada Galaxy S21 Plus memiliki 8GB dan penyimpanan dasar 128GB.

Benchmark

Dan sekarang saatnya melihat angka benchmark. Jelas, komponen hardware Oppo Find X3 Pro 5G adalah yang terbaik saat ini. Dan tes GFX Bench mentah mengatakan GPU Adreno 660 adalah yang paling kuat hingga saat ini.

Tes pada layar memberikan keunggulan pada ponsel yang mengemas layar 1080p beresolusi lebih rendah seperti Galaxy S21 Plus. Karena Oppo menggunakan layar lebih baik, jadi angkanya berbeda. Find X3 Pro 5G mendapat skor yang sangat baik di AnTuTu, jauh di atas Galaxy S21 Plus.

Chip Snapdragon 888 adalah yang terbaik yang dapat digunakan ponsel saat ini, jadi tidak ada lagi yang perlu ditanyakan, sungguh. Sebagian besar flagships sudah beralih ke resolusi QHD. Chipset ini memiliki kekuatan untuk menangani game dengan begitu banyak piksel dan pada framerate yang tinggi.

Find X3 Pro 5G dilengkapi dengan solusi pendinginan ruang uap untuk SoC dan baterai. Ini berfungsi dengan baik saat bermain game dan mengisi daya dengan cepat dan tidak akan membuat ponsel panas, sehingga tidak berujung pelambatan. Jika permainan intens dan lama, ponsel mungkin menjadi hangat, tetapi tidak sampai tingkat yang mengkhawatirkan.

Pada pengujian 3D Mark Wild Life Stress Test, angka menunjukkan stabilitas 57% untuk Find X3 Pro 5G saat berjalan pada resolusi QHD dan kecepatan refresh 120Hz.

Di sisi lain, Galaxy S21 Plus menunjukkan angka benchmark yang lebih rendah dari Oppo Find X3 Pro 5G. Kendati demikian, pengguna dipastikan tidak memiliki masalah dalam penggunaan ponsel sehari-hari dengan Galaxy S21 Plus. Tetapi sebaiknya hindari bermain game yang intens di ponsel ini.

Berikut skor Antutu benchmark untuk Find X3 Pro 5G dan Galaxy S21 Plus.

Kesimpulan

Dari beberapa indikator kinerja ponsel di atas, Oppo Find X3 Pro 5G unggul di hampir semua lini. Mulai dari tipe chipset yang digunakan, besaran RAM yang disediakan, resolusi layar, sampai uji benchmark. Find X3 Pro 5G mendapat skor di atas Galaxy S21 Plus.

Flagship Oppo 2021 ini adalah pilihan terbaik saat ini. Baik dari sisi kecepatan chipset, kemampuan baca GPU, dan performa layer, bahkan saat bermain game berat sekalipun. Tak ayal Selular Media Network menganugerahi OPPO Find X3 Pro 5G sebagai Smartphone of The Year pada ajang Selular Award 2021.

Tidak diragukan, jika kalian hendak mencari flagship dengan performa powerful, Oppo Find X3 Pro 5G adalah opsi teratas. Di Indonesia, ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna Gloss Black dan Blue. Perangkat 5G ini sudah dijual dengan harga Rp15.999.000 di Oppo Gallery, Oppo Store, dan toko-toko smartphone mitra Oppo, serta e-commerce seperti Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

spot_img

Artikel Terbaru