BerandaNewsTelcoSeperti Open Signal, Ookla Daulat Telkomsel Sebagai Penyedia Mobile Internet Terbaik di...

Seperti Open Signal, Ookla Daulat Telkomsel Sebagai Penyedia Mobile Internet Terbaik di Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Sejak beberapa tahun terakhir, seiring dengan bergesernya layanan komunikasi dari basic service (SMS dan voice) ke data dan aplikasi, maka layanan mobile internet telah menjadi medan pertarungan yang keras dari seluruh operator selular di Indonesia.

Untuk memenangkan persaingan di era data, operator hanya memiliki tiga solusi. Yaitu menambah bandwith spektrum, meningkatkan efisiensi spektrum dengan meng-upgrade teknologi, dan membangun lebih banyak BTS terutama 4G.

Untuk mengetahui operator selular dengan kinerja mobile internet terbaik, tentu kita memerlukan kajian dari perusahaan analisa benchmark internet dunia. Salah satunya berasal dari Ookla.

Lembaga yang berbasis di Seattle – Washington itu, baru saja mengeluarkan laporan mengenai kecepatan akses internet di Indonesia selama kuartal kedua 2021. Laporan perusahaan pemilik aplikasi Speedtest itu mencakup akses broadband dan selular yang terdiri dari beberapa indikator. Khusus di segmen selular, Ookla menjabarkan operator mana yang menyelenggarakan kecepatan internet terkencang dengan latensi terendah serta menunjukkan kinerja yang konsisten selama April-Juni 2021.

Menurut Ookla, Telkomsel adalah operator seluler tercepat di antara penyedia teratas di Indonesia pada Q2 2021 dengan Skor Kecepatan 28,02 pada chipset modern. Posisi selanjutnya berturut-turut ditempati oleh Indosat Ooredoo (26,38%), XL Axiata (20,96%), Smartfren (16,69%), dan Tri (15,71%).

Telkomsel juga berhasil meraih Consistency Score tertinggi sebesar 84,1%. Disusul oleh Indosat Ooredoo (83,5%), Tri (80,0%), XL Axiata (79,0%), dan Smartfren (65,4%).

Dalam hal kerendahan latensi (latency millisecond), Telkomsel juga meraih posisi teratas dibandingkan empat penyedia sejenis. Telkomsel menduduki posisi puncak dengan skor 30. Diikuti oleh Tri (31), Indosat Ooredoo (33), Smartfren (40), dan XL Axiata (42).

Keberhasilan Telkomsel menjadi jawara mobile internet di Tanah Air, sebelumnya juga tercermin dari kajian Open Signal. Dalam laporan terbaru berjudul “Indonesia: Laporan Pengalaman Jaringan Selular Juni 2021”, perusahaan analitik selular global yang bermarkas di London itu, mengungkapkan bahwa Telkomsel memiliki kualitas streaming video selular terbaik di Indonesia.

Skor keseluruhan Telkomsel mencapai 62,7 poin (dalam skala 0-100). Di sektor kecepatan unduhan, Telkomsel juga berhasil mempertahankan posisi teratas dengan kecepatan unduhan keseluruhan sebesar 13,4 Mbps. Sementara di posisi dua ada XL yang membuntuti Telkomsel. Laporan itu menyebutkan kecepatan download XL mencapai 12,6 Mbps atau mengalami kenaikan 11,5% dari 1,3 Mbps.

Menurut Open Signal, secara keseluruhan, kecepatan unduh rata-rata di Indonesia telah meningkat signifikan dibandingkan dengan laporan terakhir. Hal itu terutama disebabkan oleh meluasnya pembangunan jaringan, terutama BTS 4G hingga menjangkau 95% wilayah Indonesia.

Sekadar diketahui, Telkomsel terus menggenjot pembangunan BTS, terutama 4G. Hingga akhir 2020, anak perusahaan Telkom dan SingTel ini, telah membangun 27,7 ribu BTS 4G baru. Saat ini Telkomsel telah memiliki total BTS lebih dari 231 ribu unit dengan 78% di antaranya adalah BTS 3G/4G.

Cakupan layanan 4G ini sangat mengesankan, mengingat geografi Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas. Menjadi tantangan yang tak ringan bagi operator untuk membangun sekaligus memelihara jaringan.

Semakin meningkatnya pengguna data, sebagai imbas dari pembangunan jaringan 4G/3G yang telah menjangkau 97% populasi, menunjukkan bahwa Telkomsel memiliki modal yang sangat kuat untuk leading di era digital. Jaringan internet yang kuat dan berkualitas itu, tercermin dari laporan Ookla dan Open Signal yang menempatkan Telkomsel di atas operator lainnya, terutama dalam beberapa parameter kritikal. Seperti kecepatan, latensi dan konsistensi skor.

Artikel Terbaru