BerandaSmartphoneOPPO Find X3 Pro 5G Sudah Mendukung 65W SuperVOOC 2.0 Flash Charge,...

OPPO Find X3 Pro 5G Sudah Mendukung 65W SuperVOOC 2.0 Flash Charge, Apa Artinya?

-

Jakarta, Selular.ID – Seiring perkembangan teknologi, kemampuan ponsel pun meningkat secara eksponensial selama beberapa tahun terakhir. Namun ada satu area yang krusial sejak dulu. Ya, komponen baterai tetap menjadi fitur paling penting dari ponsel mana pun.

Kapasitas baterai memang telah meningkat untuk memberi energi ke layar raksasa yang haus daya, chipset super kencang. Bersamaan dengan itu, teknologi pengisian daya juga berkembang.

Banyak beredar di pasaran, kini kita disuguhkan pengisi daya 25W, 40W yang bisa mengisi baterai 4000mAh dalam waktu kurang dari satu jam. Namun OPPO menaikkan standar industri lebih tinggi dengan teknologi SuperVOOC 2.0 Flash Charge.

Dengan pengisi daya paling kuat saat ini yakni 65W, proses charging bisa memompa baterai kapasitas 4200mAh hanya dalam 38 menit (dari 0 hingga 100 persen).

Jadi jika baterai ponsel Anda kosong saat bangun pagi, cukup charge 15 menit, dan Anda sudah bisa beraktivitas seharian.

SuperVOOC 2.0 Flash Charge

Ponsel terbaru OPPO Find X3 Pro memiliki baterai 4500mAh yang dapat diandalkan sepanjang hari. Dengan SuperVOOC 2.0 Flash Charging, daya baterai bisa terisi hingga 40 persen hanya dalam 10 menit.

AirVOOC Wireless Flash Charge

Ponsel juga bisa di-charge secara wireless. Pengisian nirkabel pada OPPO Find X3 Pro ini juga sudah dibekali fast charging. Pengisian daya super cepat nirkabel AirVOOC 30W, ponsel mampu mencapai 100 persen daya baterai hanya dalam waktu 80 menit.

Reverse Wireless Charge

Canggih, OPPO Find X3 Pro juga bisa berperan sebagai powerbank, yang bisa mengisi baterai perangkat lain, baik dengan kabel atau nirkabel. Dengan teknologi 10W reverse wireless charging, pengguna bisa berbagi daya dengan sesama pengguna OPPO Find X3 Pro atau perangkat lain yang mendukung wireless charge.

Keamanan Fast Charging

Berbeda dengan teknologi fast charging yang ditawarkan brand lain, OPPO menjamin keamanan perangkat saat pengisian daya. Banyak smartphone yang memiliki kecepatan dalam pengisian daya tapi OPPO Find X3 Pro 5G memiliki sertifikasi TÜV Rheinland Certified Safe Fast-Charge System yang menjamin keamanan perangkat saat pengisian daya baterai dengan cepat.

Memasuki era 5G, teknologi fast charging kian dibutuhkan. OPPO sendiri sudah merancangnya sejak satu dekade silam. Mari kita lihat perjalanan teknologi pengisian cepat OPPO dan bagaimana manfaat dari sistem pengisian ini serta kebutuhannya saat era 5G dimulai.

Teknologi Pengisian Cepat OPPO

Sejak 2012, ponsel dengan layar lebar telah menjadi tren. Layar yang lebih besar dan fitur-fitur baru menyebabkan peningkatan besar dalam konsumsi daya. Akibatnya, kapasitas baterai meningkat, tetapi ini berakibat pada waktu pengisian yang sangat lama.

Perkembangan bermasalah ini memaksa OPPO untuk membuat proyek penelitian skala besar yang menghasilkan solusi inovatif untuk ‘sistem tegangan rendah dan arus tinggi’, yang disebut VOOC Flash Charge. Dengan teknologi OPPO, waktu pengisian daya berkurang secara signifikan, dan panas yang dihasilkan berkurang secara efektif.

Smartphone pertama dengan teknologi VOOC Flash Charge adalah OPPO Find 7 dari tahun 2014. Hal ini memunculkan konsep ‘charge 5 menit, telepon 2 jam’. Seiring waktu, teknologi VOOC lebih disempurnakan. Model OPPO Reno 2019 memiliki VOOC 3.0, dengan kecepatan pemuatan 200 persen lebih tinggi daripada VOOC 2.0.

Sementara itu, OPPO SuperVOOC Flash Charge mulai dipasarkan, solusi pengisian cepat sel ganda dengan efisiensi pengisian daya yang sangat baik. Solusi pengisian daya super cepat ini memulai debutnya pada tahun 2018 ketika OPPO Find X Lamborghini Edition diperkenalkan dengan pengisi daya 50W yang inovatif.

Model terbaru, OPPO Find X3 Pro, dibangun di atas teknologi ini. Smartphone mendukung SuperVOOC 2.0. Dengan daya 65 Watt (10V dan 6,5 A), ini adalah teknologi pengisian tercepat yang tersedia untuk smartphone saat ini. Algoritme penyetelan cerdas semakin meningkatkan kinerja pengisian daya dan efisiensi pengisian daya.

Oppo juga merupakan satu-satunya produsen yang menggunakan GaN (Gallium nitrida). Bahan semikonduktor generasi ketiga ini dicirikan oleh kinerja, kecepatan, dan keandalan yang tinggi.

Laboratorium Oppo sedang bereksperimen dengan perangkat seluler dengan teknologi pengisian daya yang lebih canggih.

Era 5G

Sekarang kita memasuki era 5G yang super cepat. Diperkirakan konsumsi data akan meningkat secara signifikan di tahun-tahun mendatang, karena kita (mungkin) akan menonton lebih banyak video dan konten beresolusi tinggi secara bersamaan di ponsel. Cloud gaming juga menjadi sangat populer. Dengan demikian, era 5G akan membutuhkan baterai yang lebih besar.

Namun, ada batasannya, karena ukuran fisik smartphone adalah kuantitas yang terbatas. Kita tidak bisa (dan tidak mau) membuat ponsel bongsor untuk menampung baterai besar. Ada bidang lain yang bisa dijelajahi dan digunakan oleh produsen, dan itu adalah teknologi pengisian cepat.

Bagi OPPO, hadirnya jaringan 5G berarti konsep yang sudah ada yaitu ‘charge 5 menit, 2 jam menelepon’ akan ditingkatkan menjadi ‘charge 5 menit, bermain game 2 jam’.

Saat ini, smartphone banyak digunakan untuk bermain game online, mengambil foto, atau membuat video beresolusi tinggi. Aktivitas ini membutuhkan daya yang jauh lebih besar daripada sekadar menelepon. Dengan semakin meningkatkan kapasitas baterai dan kapasitas pengisian daya, pengguna tidak perlu lagi khawatir kehabisan daya.

Pengisian Nirkabel

Salah satu penemuan terbaru dalam teknologi pengisian daya adalah pengisian nirkabel. Pada Oktober 2019, OPPO memperkenalkan teknologi 30W Wireless VOOC Flash Charge, yang kompatibel dengan semua standar Qi. Meskipun pengisian daya nirkabel tidak sepenuhnya baru, ada peningkatan yang cukup besar dalam kecepatan pengisian daya. Pengisi daya nirkabel 5W digunakan pada tahun 2018, dan sekarang kita berada pada kecepatan 6x lebih tinggi hanya dua tahun kemudian. Masa depan terbentang dengan cepat!

Artikel Terbaru