BerandaTipsMasalah Wifi Bukan Satu-satunya, Ini Masalah Pada iPhone dan Tips Menyelesaikannya

Masalah Wifi Bukan Satu-satunya, Ini Masalah Pada iPhone dan Tips Menyelesaikannya

-

Jakarta, Selular.ID – Sebelumnya dilaporkan mengenai bug yang menimpa iPhone. Dua minggu lalu disebutkan bug aneh tersebut menyebabkan perangkat mereka tidak dapat terhubung ke titik akses WiFi saat digerakkan.

Apple bakal segera memperbaiki bug yang mematikan fungsi Wifi di iPhone. Perbaikan ini dihadirkan lewat pembaruan iOS 14.7 beta 5. Dilaporkan Apple akan meningkatkan performa konektivitas WiFi iPhone 13. Performa konektivitas WiFi iPhone 13 akan ditingkatkan oleh Apple lewat penyematkan sebuah teknologi terbaru.

Teknologi terbaru yang akan disematkan Apple pada smartphone iPhone 13 adalah WiFi 6E. Nantinya, menurut DigiTimes mengatakan iPhone 13 akan menjadi seri iPhone pertama yang menggunakan teknologi tersebut. Disebutkan sebelumnya, WiFi 6E ini akan berdampak besar pada peningkatan performa konektivitas WiFi iPhone 13.

Peningkatan performa tersebut akan terjadi dari segi bandwith yang diterima menjadi lebih besar. Selain itu, WiFi 6E yang dapat menerima frekuensi pita 6Ghz ini juga memiliki fitur guna menetralisir gangguan koneksi. Ketika gangguan telah dinetralisir, maka koneksi internet yang diterima oleh iPhone 13 akan menjadi lebih stabil.

iPhone 13 sendiri menurut kabar akan dirilis September mendatang, jika ditelisik mengenai permasalahan yang terjadi pada iPhone, sebenarnya masalah Wifi bukanlah satu dari masalah yang terjadi pada iPhone. Pengguna iPhone kerap mengalami beberapa masalah pada iPhone, berikut masalah pada iPhone dan beberapa solusinya

Sinyal lemah
Tidak sedikit pengguna iPhone mengeluhkan perkara sinyal yang begitu lemah. Namun sebenarnya ini bukan salah operator, melainkan dari cara pengguna memakai perangkat iPhone dengan benar. Seperti diketahui, cara menggunakan iPhone seharusnya mengikuti prosedur yang benar.Jika menggunakan iPhone 6 ke atas (yang memiliki garis panel antena di belakang smartphone), usahakan jangan menutupi garis tersebut saat menelepon. Jika tidak, maka sinyal pun akan terganggu.

Update Aplikasi lelet
Seringkali pengguna iPhone mengalami masalah dimana mengunduh atau meng-update aplikasi lewat App Store sangat lama. Yang paling sering terlihat adalaah ikon loading yang lama berputar. Sebenarnya, ada cara sederhana untuk memperbaiki masalah ini. Pengguna bisa melakukan “Force Restart”, mematikan “Low Power Mode” ataupun melakukan “Reset Network Settings”.

iPhone tiba-tiba mati hingga panas
Masalah ini kerap terjadi pada iPhone. Ketika hal ini terjadi, solusinya adalah harus melakukan kalibrasi terhadap baterai iPhone dengan membiarkannya habis secara total, lalu mengisi daya kembali. Namun bila masalahnya masih terjadi, ada baiknya mengecek, apakah ada pembaruan software yang Apple gulirkan baru-baru ini. Dan untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke menu Settings > Software Update. Jika sudah menggunakan iOS terkini, mungkin tidak ada salahnya untuk me-reset iPhone dan memulai kembali dari awal. Jangan khawatir, bisa restore iPhone yang di-reset seperti sediakala bila sudah melakukan back-up data via iTunes atau iCloud. Untuk me-reset iPhone, Anda bisa masuk ke menu Settings General > Reset dan tap Erase All Content and Settings.

Baterai cepat habis
Masalah lain yang kerap ditemui pengguna iPhone adalah baterai yang cepat habis. Ada banyak penyebab mengapa daya baterai iPhone ini bisa cepat tersedot habis. Salah satunya adalah “masa hidup” atau life time baterai.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, di antaranya adalah, Anda bisa masuk ke Settings > Battery. Di bawah Battery Usage, bisa melihat daftar aplikasi apa saja yang menyedot baterai iPhone selama 24 jam atau 7 hari. Cari aplikasi apa yang paling boros daya baterai. Dan jika dirasa tidak perlu, bisa langsung hapus aplikasi tersebut. Sebelum menghapusnya, ada baiknya mengecek, apakah aplikasi tersebut memiliki pemberitahuan Background Activity atau Background Location. Sebab, kebanyakan aplikasi menyedot daya baterai lebih banyak, karena selalu up-date informasi atau melacak lokasi.
Untuk mematikan up-date informasi aplikasi, kamu bisa masuk ke Settings General > Background App Refresh. Sementara untuk menonaktifkan lokasi GPS, Anda bisa masuk ke Settings > Privacy > Location Services.

Baca Juga:Harga iPhone 12 Series Diprediksi Tetap Stabil

Ponsel iPhone panas saat di cas
Biasanya, iPhone yang panas ketika diisi baterai disebabkan oleh charging port iPhone yang memang sudah tidak berfungsi dengan baik. Misalnya saja, harus ditekan ke kanan atau ke kiri agar bisa berfungsi. Atau bisa juga disebabkan penggunaan kabel atau kepala charger pihak ketiga yang tidak mendapatkan sertifikasi resmi atau rekomendasi dari Apple.
Oleh sebab itu, usahakan mencari aksesori kabel atau kepala charger yang memiliki logo tertentu yang resmi.

Jika beberapa cara di atas masih tidak bisa memperbaiki masalah gagal mengunduh update aplikasi dari App Store, pengguna dapat me-restore perangkat iPhone via iTunes. Jika cara-cara di atas tidak dapat menyelesaikan masalah, sebaiknya cek iPhone ke service center iPhone. Keunggulan datang ke toko langsung adalah, Anda dapat bertanya langsung ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone Anda beserta solusi alternatifnya.

 

Artikel Terbaru