BerandaTipsCara Ambil Long Screen Shot di Android 12

Cara Ambil Long Screen Shot di Android 12

-

Jakarta, Selular.ID – Android 12 beta 3 hadir dengan beberapa fitur yang telah lama diminta dan peningkatan kualitas di sana-sini, salah satunya adalah tangkapan layar bergulir atau long screen shot.

Anda bisa memotong dan mengedit tangkapan layar di masa lalu, tetapi Anda dibatasi untuk apa pun yang sesuai dengan ukuran layar ponsel Anda. Sekarang, Anda bisa memilih untuk “Tangkap lebih banyak” dan ambil lebih dari dua kali lipat ruang layar yang Anda bisa di masa lalu.

Berikut cara mengambil long screen shot di Android 12 beta.

Sebelum dapat memperluas tangkapan layar, Anda harus menginstal Android 12 beta di ponsel Android yang kompatibel. Jika sebelumnya Anda menginstal beta, kemungkinan Anda harus memperbarui ke beta 3 menggunakan pembaruan OTA. Buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem dan periksa apakah tersedia, lalu unduh. Sekarang Anda siap untuk memulai.

  1. Ambil tangkapan layar di aplikasi apa pun menggunakan pintasan tangkapan layar ponsel Android Anda.
  2. Untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Pixel (dan sebagian besar ponsel Android lainnya), tekan dan tahan tombol daya dan volume turun secara bersamaan hingga layar berkedip untuk menangkap layar Anda.
  3. Tiga tombol akan muncul: Bagikan, Edit, dan Tangkap lebih banyak. Ketuk “Tangkap lebih banyak” untuk melanjutkan. Catatan: Beberapa aplikasi saat ini tidak mendukung tangkapan layar yang dapat digulir. Jika “Tangkap lebih banyak” tidak muncul, Anda tidak dapat mengambilnya.
  4. Setelah Anda mengetuk opsi ini, Anda akan memperkecil sehingga Anda dapat melihat ukuran tangkapan layar maksimum yang mungkin untuk halaman aplikasi itu. Seret jendela tangkapan layar ke bawah sehingga menangkap semua yang Anda butuhkan; kaca pembesar akan memperbesar batas bawah, sehingga Anda melihat dengan jelas di mana harus memotongnya.
  5. Puas dengan ukurannya? Anda sekarang dapat menekan Simpan untuk mengirimkannya ke folder Screenshot Anda. Anda juga dapat Membagikannya menggunakan ikon di kanan atas, atau Mengeditnya menggunakan ikon Pensil di kanan bawah.

Begitulah cara Anda mengambil long screen shot tangkapan layar bergulir di Android 12. Satu-satunya negatif adalah bahwa beberapa aplikasi Android terbaik tidak mendukungnya, seperti Google Chrome dan Google Documents. Namun, sebagian besar aplikasi, termasuk aplikasi pihak ketiga, tampaknya mendukung fitur tersebut.

Membandingkan fitur ini dengan cara Anda mengambil tangkapan layar dengan ponsel Samsung, keduanya memiliki pro dan kontra. Misalnya, Google membatasi panjang gulir Anda menjadi sekitar 2,5X tinggi layar ponsel Anda — setidaknya dalam versi beta — sementara Scroll Capture Samsung memungkinkan Anda terus menggulir hingga mencapai bagian bawah halaman.

Di sisi lain, metode Google memungkinkan Anda mendapatkan dimensi yang sedikit lebih tepat, termasuk memotong secara horizontal atau mengubah tempat tangkapan layar dimulai dan berhenti.

Artikel Terbaru