BerandaTipsCara Memindai QR Code dengan Kamera Ponsel Android

Cara Memindai QR Code dengan Kamera Ponsel Android

-

Jakarta, Selular.ID – Qick Response Code atau yang lebih dikenal sebagai QR Code adalah cara cepat dan mudah untuk berbagi aneka jenis informasi dengan cara memindai kode di perangkat.

Ponsel Android bisa mendapatkan begitu banyak fungsi dari fitur ini. Pengguna bisa membagikan kata sandi WiFi dengan orang lain, atau membagikan QR Code Google Pay dengan teman dan keluarga untuk mentransfer dana dengan mudah.

Google menambahkan kemampuan untuk memindai kode QR melalui Google Lens dari Android 8 dan seterusnya, sehingga pengguna tidak lagi memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk membaca kode tersebut dengan ponsel Android.

Cara memindai QR Code dengan kamera ponsel Android

Untuk memindai QR Code dengan ponsel Android, Anda perlu mencari dan membuka Google Lens. Jika Anda memiliki Android 8, 9, atau 10, itu dapat ditemukan di dalam Asisten Google. Namun, jika Anda memiliki Android 11, itu akan terletak di bilah pencarian Google di layar beranda atau di aplikasi Google. Beberapa ponsel juga memilikinya di dalam aplikasi kamera, tetapi tidak semuanya.

1. Temukan logo Google Lens di Google Assistant, atau ikon kamera kecil di bilah pencarian layar beranda atau aplikasi Google, dan ketuk.

2. Jika kamera ponsel Android Anda memiliki Google Lens di dalamnya, ketuk logo Lens di aplikasi kamera.

3. Setelah Google Lens terbuka, arahkan kamera Anda ke kode QR untuk membacanya.

Segera setelah Anda memindai QR Code dengan Google Lens di ponsel Android, Anda akan segera melihat tautan, teks, atau data apa pun yang seharusnya ditampilkan oleh kode tersebut. Hasilnya muncul secara real-time dan sama sekali tidak memakan waktu untuk memuat, asalkan Anda memiliki koneksi internet yang stabil, tentu saja.

Aplikasi Mandiri

Satu-satunya kesulitan yang mungkin Anda hadapi saat membaca QR Code dengan ponsel Android Anda adalah menemukan fitur tersebut. Untungnya, Google telah menyematkan Lens ke banyak aplikasi lain untuk mempermudah pekerjaan, terutama di Android 11, yang ditempatkan di widget pencarian Google layar utama. Atau, Anda bisa mengunduh aplikasi mandiri untuk mengurangi kerumitan mencari logo Lens kecil.

Artikel Terbaru