spot_img
BerandaNewsCommunityGelar Program Pendidikan di Indonesia, HP Adakan Kelas Gratis

Gelar Program Pendidikan di Indonesia, HP Adakan Kelas Gratis

-

Jakarta, Selular.ID — HP mengumumkan peluncuran dua program pendidikan untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan di Indonesia. Program-program tersebut adalah Semangat Guru Virtual Learning Series, program pembelajaran untuk melatih soft skills para guru, dan HP LIFE dalam Bahasa Indonesia, rangkaian kursus online gratis yang berfokus pada keterampilan bisnis dan TI.

Kedua program ini bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia. Selain itu, programprogram ini juga didukung oleh seri HP Chromebooks terbaru, dari jajaran perangkat HP untuk pendidikan yang komprehensif.

Semangat Guru Virtual Learning Series dikembangkan untuk mendukung guru Indonesia untuk melakukan blended learning yang efektif, dan tersedia melalui platform Guru Belajar & Berbagi milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sementara itu, peluncuran HP LIFE dalam Bahasa Indonesia akan membantu wirausahawan dan pemilik usaha kecil agar mereka dapat mengakses kursus-kursus seperti perencanaan bisnis dan pemasaran, hingga cara meningkatkan modal dan pola pikir desain. HP LIFE dalam Bahasa Indonesia melengkapi tujuh bahasa yang sebelumnya telah tersedia dalam program global ini.

“Kami di HP percaya bahwa pendidikan adalah hak dasar manusia, dan kami berkomitmen untuk memastikan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia untuk mendukung program pemerintah,” ungkap Fiona Lee, Managing Director, HP Indonesia.

“Teknologi dapat menjadi kekuatan penyeimbang yang hebat bila disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan komunitas dan individu di dalamnya. HP memberikan dukungan, tidak hanya kepada komunitas kurang mampu melalui Tech Hubs, tapi juga kepada para guru melalui Semangat Guru Virtual Learning Series, serta para pelaku UKM dan wirausahawan melalui program global HP LIFE.”

Mendukung Kemendikbudristek

Semangat Guru Virtual Learning Series akan mendukung para guru mendidik generasi penerus Indonesia dengan menggunakan konsep 3E: Educate, Engage and Entertain (Mendidik, Melibatkan, dan Menghibur). Program ini akan tersedia bagi para guru yang terdaftar di platform Guru Belajar & Berbagi dan dapat menampung hingga ribuan peserta pada tiap kelas virtualnya. Enam episode pembelajaran akan dipandu oleh pembicara inspirasional untuk membangun soft skills mulai dari keahlian dalam penggunaan teknologi sampai komunikasi. Para pembicara Semangat Guru termasuk di antaranya Iwan Syahril, Ph.D, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, serta Vivit Kavi dan Vena Annisa, Founders V&V Communications.

Permintaan akan sarana pembelajaran baru di antara para guru telah meningkat karena pandemi, di mana orang tua dan siswa bekerja dari rumah dan pengajaran dilakukan dari jarak jauh. Semangat Guru Virtual Learning Series tergabung dalam program pemerintah Guru Belajar & Berbagi, menyediakan program pembelajaran online melalui platform teknologi dan bertujuan untuk mendukung serta menghargai dedikasi para guru dalam mendidik generasi masa depan Indonesia.

Program ini akan dimulai pada bulan Juni, dengan membawa semangat Pancasila yang diperingati pada 1 Juni. Semangat Guru Virtual Learning Series akan membantu para guru mendalami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk blended learning dan diadaptasi untuk berbagai gaya belajar. Seri ini memiliki beberapa modul yang mencakup:

• Pentingnya penggunaan teknologi dalam berbagai gaya pembelajaran.
• Bagaimana teknologi dapat digunakan untuk pembelajaran campuran (blended learning).
• Tahapan penyusunan konten pembelajaran digital dan penggunaan perangkat teknologi sederhana.
• Pendekatan komunikasi yang dapat diterapkan dalam berbagai cara pembelajaran.

HP LIFE

Peluncuran HP LIFE dalam Bahasa Indonesia akan memberikan kesempatan bagi wirausahawan, pelaku UKM, dan semua orang yang ingin terus belajar untuk membangun keterampilan demi masa depan, baik bagi mereka yang baru mau memulai atau mengembangkan bisnis sendiri, memasuki dunia kerja, atau mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dengan memberikan akses ke dalam program pelatihan keterampilan gratis.

“HP LIFE merupakan sumber materi pendidikan yang dapat disesuaikan dan digunakan di lapangan oleh pelatih, pendidik, dan mentor untuk memperkaya kurikulum, mendukung penciptaan bisnis, dan meningkatkan keterampilan kerja. Dalam sebuah laporan HP di tahun 2020 mengenai UKM, 57% UKM di Indonesia menyatakan bahwa transformasi bisnis melalui teknologi adalah hal yang penting atau sangat penting. HP LIFE dapat membantu memudahkan transisi itu,” ujar Frans Adiredja, Business Personal System Category Head, HP Indonesia.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru