Beranda Devices Smart Computing Acer Nitro 5 (2021), Laptop Gaming Terjangkau Mulai Rp13 Juta

Acer Nitro 5 (2021), Laptop Gaming Terjangkau Mulai Rp13 Juta

-

Jakarta, Selular.ID – Semenjak pandemi, kebutuhan akan laptop makin meningkat dan orang-orang melirik laptop multifungsi, dapat diandalkan untuk produktivitas mulai dari bekerja hingga untuk kreasi konten seperti edit video serta untuk bermain game. Varian laptop gaming terjangkau pun menjadi salah satu varian yang menarik untuk diamati.

Untuk menjawab kebutuhan itu, Acer meluncurkan Acer Nitro 5 (2021), laptop gaming yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp12.999.000 dengan performa maksimal untuk berbagai kebutuhan.

Kunci ketangguhan laptop gaming rilisan Acer ini terletak para prosesor terbaru yang digunakan yaitu Intel Core Generasi ke-11 seri H dan dengan ukuran layar 14-15.6 inch, desain tipis ringan, ketebalan body setipis 1.6cm, tetap bisa memiliki performa gaming tingkat tinggi dan lancar di resolusi 4K, Full HD di atas 70 frames per second (FPS) dengan setting grafis tinggi.

Prosesor ini memiliki kinerja grafis terintegrasi yang lebih dari 2x lebih cepat dibanding prosesor Intel Core Gen ke 10 H-Series. Tidak hanya itu, seri H memiliki frekuensi yang mencapai 5Ghz, performa single thread tercepat di laptop mobile saat ini.

Prosesor Intel Core Generasi ke-11 seri H memiliki konektivitas terbaik dengan Intel Killer Wi-Fi 6/6E (Gig+), sehingga gamer bisa memainkan games favoritnya, download dan streaming video di waktu yang bersamaan. Kemudian, Intel juga memanfaatkan teknologi PCIe terbaru, yang membuat bisa menghasilkan koneksi bandwidth tertinggi. Hal ini menghasilkan tingkat responsivitas dan performa kompetitif di kebanyakan game-game populer.

Selain itu, laptop dengan prosesor Intel Core Generasi ke-11 dilengkapi dengan Thunderbolt 4 yang memiliki kemampuan kecepatan 40GB/s atau 4x lebih cepat untuk transfer data dibanding USB 3.1, menambah external GPU, dan menyambungkan ke 2 Monitor 4K. Laptop-laptop dengan prosesor Intel terbaru ini juga memiliki fitur Resizable Bar. Fitur ini merupakan hasil kerjasama dengan Nvidia, yang dapat membuat performa di game-game tertentu meningkat.

Acer Nitro 5 (2021) diluncurkan pada Januari lalu di acara CES 2021 yang berlangsung secara virtual. Laptop ini merupakan versi baru dari Nitro 5, varian laptop gaming terjangkau yang dibekali dengan prosesor Intel generasi terbaru, yaitu Intel Core Generasi 11 seri H (High Performance) yang juga dikenal dengan sebutan Tiger Lake.

Nitro 5 kali ini dilengkapi dengan penambahan fitur dari seri Nitro 5 sebelumnya, antara lain adalah dengan ukuran layar 15,6 inch IPS Full HD dan tingkat kecerahan yang lebih baik, yaitu 300 nits. Bezel kiri kanan tipis, sekitar 7.02mm dan bobot laptop pun menjadi 2,16 kg saja.

Nitro 5 juga dibekali dengan 512GB SSD plus 2 slot PCIe NVMe dan 1 slot tambahan untuk SATA, 8GB RAM DDR dan dapat diupgrade menjadi 32 GB, membuat laptop ini sangat ramah untuk keperluan peningkatan performa di kemudian hari. Selain dilengkapi dengan prosesor i5-11300H, laptop ini dilengkapi dengan Graphics Card NVIDIA GeForce RTX 30 Series 4GB, serta refresh rate sebesar 144Hz.

Kontrol pendingin merupakan fitur yang sangat penting bagi sebuah laptop yang akan digunakan dengan beban kerja yang tinggi. CoolBoost memenuhi kebutuhan ini dengan 2 kipas dan 3 heat pipes, yang akan mengeluarkan panas melalui sisi kiri, kanan, dan belakang laptop. Melalui pengujian Cinebench yang dilakukan oleh Jagat Review dengan mode High Performance, Maximum Fan, dan CoolBoost diaktifkan, laptop ini ada di suhu sekitar 62-65 derajat celcius, dan sesekali berada di puncak, yaitu 69-70 derajat celcius. Diuji dengan 3D Firemark stress test, suhunya konsisten di 54-56 derajat celcius. Sebuah hasil pengujian suhu yang sangat baik untuk laptop gaming dengan beban kerja yang tinggi.

Performa ini membuat laptop ini sangat ramah kepada berbagai game bahkan hingga game kelas berat sekalipun. Game-game seperti CSGO, DOTA2, hingga Shadow of the Tomb Raider bisa dimainkan dengan baik menggunakan laptop ini, termasuk game yang berat seperti Death Stranding dan Assassin’s Creed Valhalla, semua bisa dimainkan oleh Nitro 5 dengan bebas hambatan dan tidak membuat laptop terasa panas.

Dengan berbagai kelengkapan fitur dan kemampuan yang dimilikinya, Nitro 5 (2021) hadir bagi calon pengguna yang memerlukan laptop all around, power cukup besar serta kemampuan gaming mumpuni dengan harga relatif terjangkau.

Artikel Terbaru