Beranda News Market Update Xiaomi Jadi Vendor Dengan Pertumbuhan Tercepat di Lima Besar

Xiaomi Jadi Vendor Dengan Pertumbuhan Tercepat di Lima Besar

-

Jakarta, Selular.ID – Meski permintaan smartphone di pasar global melemah imbas pandemi covid-19, namun kinerja sejumlah vendor justru semakin berotot. Salah satunya adalah Xiaomi.

Vendor yang identik dengan harga murah itu, sukses meningkatkan pangsa pasar di tengah melemahnya  pesaing terkuat Huawei. Sepanjang Q4-2020, Xiaomi mampu melipatgandakan keuntungan dengan kenaikan pengiriman hampir 30 persen dari tahun ke tahun.

Dalam pernyataan menyangkut pendapatan, Xiaomi mengutip angka Canalys yang menempatkannya sebagai vendor terbesar ketiga di dunia selama kuartal tersebut dengan pangsa pasar sebesar 12,1 persen. Perusahaan analis itu juga melabeli Xiaomi sebagai vendor dengan pertumbuh paling cepat dari lima besar.

Xiaomi menyatakan pengiriman smartphone mencapai 42,3 juta di Q4, naik 29,7 persen. Pengiriman domestik 51,9 persen lebih tinggi dan pangsa pasarnya mencapai 14,6 persen, katanya, lagi-lagi mengutip angka Canalys.

Sebaliknya, pangsa pasar domestik Huawei turun 43,7 persen menjadi 22 persen, dengan kinerja globalnya dipengaruhi oleh sanksi AS. Angka yang dilaporkan Huawei termasuk divisi Honor, yang setuju untuk dijual pada November 2020.

Amblasnya kinerja Huawei sangat memprihatinkan. Padahal, sebelumnya imbas dari menurunnya penjualan di pasar global, Huawei mampu meningkatkan pangsa pasar di dalam negeri ke rekor 42% pada kuartal ketiga 2020.

Dengan kinerja yang mengilap, Xiaomi melaporkan laba bersih yang disesuaikan sebesar CNY3,2 miliar ($ 490,7 juta), naik 36,7 persen, sementara pendapatan tumbuh 24,8 persen menjadi CNY70,5 miliar.

Penjualan di pasar luar negeri naik 27,6 persen menjadi CNY33,8 miliar, menyumbang 47,9 persen dari total pendapatan, didorong oleh pertumbuhan di seluruh Eropa dan India.

Secara terpisah, Xiaomi juga mengumumkan kesepakatan $ 205 juta untuk mengakuisisi 50 persen saham di Zimi, pembuat pengisi daya telepon bermereknya saat ini.

Artikel Terbaru