Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review 1More Dual Driver ANC Pro: Headphone Bluetooth Dengan ANC Ajaib dan...

Review 1More Dual Driver ANC Pro: Headphone Bluetooth Dengan ANC Ajaib dan Baterai Ajiib

-

Jakarta, Selular.ID – Tidak semua heaphone di pasaran menawarkan fitur active noise cancellation (ANC) atau peredam bising. Kendati demikian, konsumen Indonesia saat ini mempunyai banyak pilihan (merek dan desain) jika ingin membeli headphone yang dibekali ANC.

Namun memang, headphone jenis ini dijual dengan harga lebih mahal daripada headphone yang tidak punya fitur peredam bising. Dan biasanya, headphone nirkabel dengan ANC mempunyai jatah waktu mendengarkan yang lebih singkat daripada tanpa-ANC.

Nah, salah satu headphone ANC nirkabel yang menawarkan durasi pemakaian lama dan banderol harga bersaing, adalah 1More Dual Driver ANC Pro. Sudah dijual di Indonesia sejak awal 2021, headphone terbaru 1More ini dilepas seharga Rp1.899.000.

Berbentuk neckband atau headphone dengan penyanggah melingkar di leher dengan bantalan in-ear, 1More Dual Driver ANC Pro menjadi opsi bijaksana bagi Anda yang menginginkan headphone dengan fitur peredam bising yang awet baterai.

Desain ergonomis

Bentuk neckband mungkin bukan format headphone favorit bagi sebagian pengguna, jika dilihat dari sisi desain. Tetapi jika dengan format itu headphone bisa menawarkan ketahanan baterai yang jauh di atas rata-rata, kenapa tidak.

Dari sisi kontruksi, headphone bluetooth 1More Dual Driver ANC Pro menggunakan tali silikon yang terasa sangat lembut dengan aksen logam di kedua ujungnya. Di bagian logam inilah Anda akan menemukan semua tombol-tombol yang diperlukan, termasuk tombol untuk mengendalikan pemutaran musik, volume, dan kendali untuk peredam bising.

Port pengisian daya USB-C juga tersembunyi di ujung sisi kiri lengkap dengan tutup pelindung, tapi bukan hanya itu fungsinya. Termasuk di dalam kotak penjualan adalah kabel USB-C ke jack audio 3.5mm yang memungkinkan Anda menggunakan headphone ini dengan kabel.

Terus terang ini adalah pertama kalinya kami melihat opsi ini ditawarkan pada sebuah headphone dengan in-ear bud (bukan headphone over the head).

Perlu dicatat, headphone tetap harus memiliki daya dan Anda harus menyalakannya walaupun memilih untuk menggunakan kabel. Ajaibnya, penggunaan kabel juga memungkinkan Anda mengaktifkan ANC.

Earbud-nya sendiri bersifat magnetis, yang artinya bisa ditempelkan antar-ujungnya, menjadikan headphone serupa kalung saat tidak digunakan. Harusnya semua orang menyukai konsep magnet ini, karena meminimalisir kemungkinan headphone jatuh.

Untuk bantalan telinganya, kebanyakan brand menggunakan bantalan bulat, tetapi 1More memilih bentuk oval di sini. Brand juga menyediakan sejumlah bantalan dengan ukuran berbeda di boks penjualan. Jadi hampir bisa dipastikan sesuai dengan ukuran lubang telinga siapa saja.

Nyaman di telinga

Kenyamanan bantalan earbud in-ear sangat krusial. Karena mayoritas pembeli headphone mempunyai hobi mendengarkan musik berlama-lama. Ukuran bantalan telinga yang beragam memang suatu kelebihan, namun material bantalan itu sendiri adalah penentu. Saat saya menggunakan headphone 1More Dual Driver ANC Pro, bantalan terasa nyaman walaupun dipakai berjam-jam. Terlebih, bentukannya yang oval ternyata membuatnya ‘kokoh’ melekat di lubang telinga dan tidak pernah terlepas dari telinga.

Secara keseluruhan, headphone Bluetooth 1More Dual Driver ANC Pro lebih berat dari beberapa headphone neckband lain yang pernah saya coba, tetapi tidak terlalu berat. Jadi mungkin Anda akan lebih memilih earbud yang lebih ringan untuk menemani Anda saat berlari. Jika tidak sedang berlari, perbedaan bobotnya tidak signifikan.

Aplikasi 1More

Aplikasi 1More menyediakan beberapa fungsi dasar untuk mengelola headphone. Salah satu yang terpenting adalah memperbarui firmware untuk headphone bluetooth Dual Driver ANC Pro. Jika Anda membeli headphone ini, pastikan Anda memeriksanya, karena ada pembaruan menunggu setelah menginstal aplikasi.

Selain update firmware, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengubah kekuatan level ANC, menampilkan masa pakai baterai, dan fitur sakelar untuk mengaktifkan/menonaktifkan pengurangan kebisingan angin. Hampir semua yang Anda perlukan untuk menyesuaikan suara sesuai keinginan, tersedia di aplikasi. Sangat personal.

Kualitas suara

Audiophiles akan senang mengetahui kalau headphone bluetooth 1More Dual Driver ANC Pro mendukung audio Hi-Res dengan kodek LDAC. Untuk yang belum tahu, saat Anda memutar musik melalui Bluetooth itu dikirim menggunakan codec. Beberapa codec yang paling populer adalah AAC, SBC, aptX, dan aptX HD. Anda mungkin pernah mendengar beberapa di antaranya sebelumnya, dan yang perlu Anda ketahui adalah, semakin tinggi bitrate semakin tinggi kualitas audionya.

Dalam kasus Headphone Dual Driver ANC Pro dari 1More, dengan menggunakan LDAC mereka menawarkan kecepatan bit hingga 960kbit/s. Sebagai perbandingan, SBC menawarkan 345kbit/s dan aptX HD mencapai 576kbit/s.

Tentu saja, ini menjadi keuntungan besar headphone dengan menggunakan codec LDAC, dan saya sendiri sangat terkesan dengan kualitas suaranya. Nada tinggi yang renyah dan tajam memberikan kejernihan yang luar biasa pada vokal, dan seimbang dengan nada rendah yang bagus untuk bass dengan real impact.

ANC

Headphone bluetooth 1More Dual Driver ANC Pro menawarkan dua tingkat peredam bising aktif yang berbeda, yang bisa dikendalikan dengan tombol fisik atau di dalam aplikasi. Saya menguji ini dalam beberapa skenario berbeda dan terkesan dengan hasilnya.

Tingkat pertama cukup untuk membantu memblokir seperti suara AC, sedangkan tingkat kedua akan membantu gangguan yang lebih keras, seperti suara bising knalpot motor dan mobil dengan volume 40 hingga 50 persen. Meskipun tidak sepenuhnya membungkam suara-suara random, tetapi itu sudah sangat ajaib untuk kebisingan sekitar yang kerap kita hadapi saat bepergian.

Daya tahan baterai

Masa pakai baterai pada headphone bluetooth 1More Dual Driver ANC Pro akan sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Yang pertama, codec audio mana yang Anda gunakan selama pemutaran, dan yang kedua, apakah Anda mengaktifkan ANC atau tidak.

Misalnya, jika Anda menggunakan LDAC, Anda bisa mendapatkan maksimum 8 jam menurut 1More. Jika Anda menggunakan salah satu codec bitrate yang lebih rendah, Anda bisa memperpanjang masa pakai baterai hingga 20 jam. Namun, begitu Anda mengaktifkan ANC, angka-angka itu mulai menurun. Untungnya, 1More memiliki bagan praktis ini dari situs web mereka yang akan membantu Anda memahami semuanya.

Secara keseluruhan, saya menggunakan headphone bluetooth Dual Driver ANC Pro dengan LDAC dan ANC off sebagian besar waktu. Itu memberi saya banyak durasi mendengar musik selama seminggu dan tidak perlu mengisi daya berlebihan.

Kesimpulan

Saat ini true wireless stereo sedang populer. Setiap hari semakin banyak yang mulai menambahkan ANC. Namun, terkadang Anda membutuhkan masa pakai baterai lebih daripada yang bisa disediakan oleh earbud kecil itu.

Jika Anda mencari sepasang headphone dengan peredam bising aktif dan baterai yang tahan lama, yang tidak sebesar headphone yang melingkar di kepala, headphone neckband 1More Dual Driver ANC Pro adalah pilihan terbaik.

Perangkat saat ini sudah tersedia di jaringan ritel Urban Republic dan dilepas dengan banderol Rp1.899.000, harga menggiurkan untuk kualitas suara yang sempurna dan peredam bising dua tingkat yang disediakan.

Artikel Terbaru