spot_img
BerandaAksesorisJika Earphone TWS Tidak Menyala, Ini Tipsnya

Jika Earphone TWS Tidak Menyala, Ini Tipsnya

-

Jakarta, Selular. ID – True Wireless Stereo (TWS) ataupun earphone bluetooth sekarang banyak dikenakan, selain terlihat kekinian, aksesoris ini pun memiliki suara yang cukup baik.

Earphone TWS saat ini umumnya dibekali teknologi bluetooth terbaru yang lebih stabil, jangkauan frekuensi lebih jauh. Sehingga tidak mengherankan perangkat cukup diandalkan saat mendengarkan musik, video streaming atau video conference.

Seperti umumnya earphone, aksesoris ini pun kerap dihadapkan masalah tidak menyala, atau hanya menyala satu, dan terkadang suara putus-putus. Karena mengandalkan jaringan (wireless) cara memperbaikinya pun berbeda dengan earphone kabel.

Nah, untuk mengatasinya ada beberapa pilihan metode perbaikan yang bisa dilakukan, berikut tips yang dapat dilakukan jika earphone TWS tidak menyala, yang Selular rangkum dari berbagai sumber, yuk cek:

1. Test Earphone
Tahap pertama ini kita akan mencoba mengecek earphone apakah terjadi kerusakan atau tidak.

Adapun metodenya cukup dengan menggunakan earphone tersebut pada perangkat lainnya, misalnya saja pada komputer (laptop) atau smartphone lainnya. Perhatikan apakah eraphone dapat berbunyi atau tidak (mati). Jika tidak keluar bunyi atau mati dapat dipastikan kerusakan terdapat pada aksesoris tersebut.

Namun, jika sebaliknya jika keluar suaranya, kerusakan terjadi pada smartphone tersebut. Melalui metode pengetesan headset di perangkat yang berbeda setidaknya dapat menjadi patokan awal untuk mengetahui letak masalahnya.

2. Pairing Ulang
Masalah ini juga dapat menimpa pengguna earphone TWS, koneksi sering hilang atau putus yang membuat headset tidak tersambung ke smartphone. Nah, untuk mengatasinya pengguna dapat melakukan sambungan ulang atau pairing antara hp dan headset tersebut.

Cukup menghapus perangkat headset pada jaringan bluetooth yang terdapat pada smartphone. Setelah itu dapat menyambungkan kembali atau pairing ulang antara smartphone Android dengan earphone tersebut.Biasanya hanya dengan metode sederhana ini masalah headset bluetooth tidak terdeteksi dapat di atasi.

3. Reset Earphone
Salah satu teknik terbaik mengatasi headset bluetooth error yang mungkin sudah banyak yang tahu sebelumnya.

Tepat sekali kita akan mereset earphone bluetooth tersebut, reset ulang ini memungkinkan dapat mengembalikan kinerja headset yang bermasalah. Sebelum reset pastikan earphone dalam keadaan baterai full.

Setelah itu tekan dan tahan tombol Power di earphone tersebut hingga lampunya berkedip cepat. Terakhir hidupkan bluetooth pada smartphoke Android, kemudian hubungkan ke earphone tersebut. Biasanya akan diminta verifikasi pin atau kode, silakan Kamu masukkan angka 1 biar lebih mudah.

4. Restart Perangkat
Berhubung penggunaannya lebih dari dua perangkat yang saling tersambung. Ada kemungkinan error terjadi pada salah satu perangkat, silakan hidupkan ulang masing-masing perangkat.

Seperti smartphone atau earphone, biasanya masalah earphone bluetooth tidak mau tersambung hanya karena hal sepele ini.

Baca Juga:Tips Menggunakan TWS Supaya Awet

5. Update Firmware
Terkadang program headset yang telah usang menimbulkan banyak masalah.
Maka dari itu penting untuk memperbarui atau update firmware aksesoris tersebut. Caranya, mengunjungi situs resmi dari earphone tersebut untuk dapat mengupdate program yang telah kadaluarsa. Jika tidak ada bisa menginstal ulang program tersebut.

6. Gangguan Sinyal
Jika menggunakan earphone bluetooth tersebut berdekatan dengan sinyal jaringan lainnya, misalnya saja di sekitar router wifi, biasanya akan sedikit terganggu karena sinyal bluetooth yang lemah.

7. Jarak Earphone
Nah, terkadang banyak yang lupa bahwa sinyal bluetooth itu terbatas. Biasanya hanya dapat bekerja secara maksimal di bawah 8 meter antara headset dengan perangkat lain. Jadi usahakan jangan melebihi jarak yang sudah ditentukan.
Masalah headset bluetooth yang tidak terdeteksi pada smartphone. Gangguan memang cukup beragam, jadi harus.  memeriksanya satu persatu untuk mengatasinya.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru