Beranda News Huawei Garap Chipset Andalan Baru 'Kirin 9010'

Huawei Garap Chipset Andalan Baru ‘Kirin 9010’

-

Jakarta, Selular.ID – Usai Huawei menghadirkan Kirin 9000 dengan dua varian, Kirin 9000 dan 9000E, perusahaan tampaknya tengah mengembangkan chipset andalan baru.

Hal ini diketahui dari seorang leaker yang telah mengungkapkan detail tentang prosesor andalan Kirin berikutnya yang dijuluki sebagai ‘Kirin 9010’.

Informasi tentang prosesor Kirin baru berasal dari leaker @RODENT950. Menurut cuitan yang diposting akunnya, prosesor Kirin generasi berikutnya akan tiba sebagai Kirin 9010 dan akan menjadi chipset 3nm.

Sebagai informasi, Kirin 9000 sendiri diluncurkan sebagai prosesor 5nm pertama untuk perangkat Android dan setelah pengumumannya tiba Samsung Exynos 1080 dan Qualcomm Snapdragon 888.

Sementara kebanyakan orang akan mengharapkan Huawei untuk tetap berpegang pada proses 5nm setidaknya selama dua tahun, kebocoran ini mengungkapkan bahwa perusahaan membuat lompatan ke 3nm untuk chipset seluler berikutnya.

Kemungkinan, jika semuanya berjalan dengan baik, akan diluncurkan tahun ini. Huawei Mate 50 seri digadang-gadang menjadi perangkat pertama yang mencicipi chipset andalan tersebut yang kemungkinan tiba pada kuartal keempat, seperti dikutip Gizmochina, Sabtu (2/1/2021).

Baca juga: Huawei Hapus Semua Games Tencent dari Toko Aplikasi

Sebelum rilis chipset Kirin 5nm, ada laporan bahwa Mate 40 mungkin menjadi andalan Huawei terakhir yang ditenagai oleh prosesor chipset Kirin tetapi kemungkinan besar tidak akan terjadi. Ponsel Huawei P50 diharapkan datang dengan prosesor Kirin 9000, sedangkan seri Mate tahun ini, akan datang dengan chipset Kirin 9010.

Artikel Terbaru