Beranda News Market Update Rebut Pangsa Pasar Huawei, Xiaomi Mengincar Tambahan Modal $4 Miliar

Rebut Pangsa Pasar Huawei, Xiaomi Mengincar Tambahan Modal $4 Miliar

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen smartphone Xiaomi mengisyaratkan rencana untuk mengumpulkan hingga $4 miliar dari penjualan saham dan obligasi, Bloomberg melaporkan, dana tersebut tampaknya sebagian dialokasikan untuk upaya merebut pangsa pasar lebih lanjut dari saingannya yang berada di bawah tekanan Huawei.

Xiaomi dilaporkan berencana untuk meningkatkan modal dari penempatan saham top-up ke listing di Hong Kong dan penjualan obligasi tujuh tahun.

Mengutip dokumen Xiaomi yang merinci rencananya, Bloomberg mengatakan selain langkah-langkah yang dirancang untuk meningkatkan pangsa, perusahaan berencana menggunakan dana tersebut untuk membuat “investasi ekosistem strategis” dan memperluas bisnis.

Rencana startegis Xiaomi untuk mengumbulkan tambahan modal, seiring dengan pertumbuhan perusahaan yang semakin kuat. Meski sempat terdampak pandemi corona, pabrikan mengumumkan rekor pendapatan dan angka laba untuk Q3, melaporkan lonjakan permintaan untuk smartphone-nya di sejumlah pasar dan meningkatkan momentum di segmen premium.

Perusahaan analis Canalys menandai Xiaomi sebagai salah satu pemenang utama dari kesengsaraan internasional Huawei, mengambil sebagian besar pengirimannya di Eropa, sekaligus melampaui Apple sebagai vendor terbesar ketiga di dunia dalam hal pengiriman.

Dalam laporannya, Canalys mencatat pengiriman Xiaomi meningkat 45 persen tahun ke tahun di Q3 menjadi 47,1 juta unit.

Sebelumnya dalam IPO pertama perusahaan pada Juni 2018, Xiaomi mampu mengumpulkan US $4,7 miliar setelah menetapkan harga penawaran umum perdana di Hong Kong pada kisaran terendah yang dipasarkan.

Pembuat smartphone yang berbasis di Beijing itu memberi harga penjualan 2,18 miliar saham masing-masing seharga HK $17 (S $2,95). Xiaomi menawarkan saham masing-masing dengan harga HK $17 hingga HK $22, yang merupakan setengah dari tujuan awal perusahaan.

Miliarder George Soros dan perusahaan investasi China Hillhouse Capital termasuk di antara investor yang memesan saham Xiaomi.

Artikel Terbaru