Beranda News Market Update Genjot Pangsa Pasar, MediaTek Siapkan 500 Juta Chipset 5G

Genjot Pangsa Pasar, MediaTek Siapkan 500 Juta Chipset 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Vendor chipset selular asal Taiwan MediaTek menargetkan dapat mengirimkan sebanyak 500 juta chipset generasi kelima atau berkemampuan 5G pada 2021. Rick Tsai, Kepala Eksekutif Global MediaTek, menyebutkan bahwa pihaknya memiliki kepercayaan diri untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih tinggi.

“Pada tahun depan kami yakin pasar 5G akan menjadi dua kali lipat dari tahun ini, dan kami mengharapkan 500 juta unit (chip) akan dikirim pada 2021,” kata Rick Tsai.

Perusahaan chipset yang berbasis di Taipe itu, telah mengirimkan 200 juta perangkat berkemampuan chip 5G pada tahun ini. Tsai mengatakan bahwa perusahaan sedang mengalami peningkatan permintaan di pasar 5G dengan peluang luar biasa bagi pelanggannya.

MediaTek yang bersaing ketat dengan Qualcomm yang berbasis di AS, merasa bahwa hal itu akan berubah di tahun mendatang dengan fokus agresif pada teknologi generasi berikutnya.

Perusahaan yang berkantor pusat di Hsinchu ini telah mengalokasikan $ 2,5 miliar untuk kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) pada 2020 dan memiliki kemitraan aktif dengan pembuat peralatan asli Tiongkok utama seperti Oppo, Redmi, Vivo, Huawei, dan ZTE.

“MediaTek dapat berpartisipasi dalam fase awal 5G, dan kami bernasib baik pada 2020 dan memiliki kepercayaan diri untuk melakukannya dengan baik di tahun depan,” kata eksekutif puncak perusahaan itu.

Target tinggi yang diusung oleh MediaTek di tengah persaingan yang memanas dengan pesaing terdekatnya, Qualcomm. Menurut laporan perusahaan riset Counterpoint, pangsa pasar Qualcomm merosot menjadi 29% dari tahun lalu 33%, sementara MediaTek memiliki 26% dari pangsa pasar pada Q2 2020.

Sebelumnya MediaTek berharap sepanjang tahun ini, mampu meraup pendapatan lebih dari $ 10 miliar. Target itu disampaikan pada pertemuan komunikasi media MediaTek AS oleh Gu Dawei selaku eksekutif perusahaan. Dalam hal pendapatan, itu akan menjadi perusahaan desain IC terbesar keempat di dunia.

Perlu disebutkan bahwa investasi R&D MediaTek pada tahun 2020 diharapkan mencapai $ 2,5 miliar. Chip Dimensity perusahaan sejauh ini diklaim cukup baik.

Sejak rilis Dimensity 1000 pada tahun lalu, MediaTek telah membangun portofolio chip 5G yang komprehensif. Itu telah menjadi pesaing yang kuat di pasar. Terutama menghadapi situasi politik dan ekonomi internasional yang kompleks, nilai MediaTek menjadi lebih menonjol.

Artikel Terbaru