Wednesday, September 23, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review realme 7: Smartphone Bertenaga dengan Kamera dan Performa Handal di Harga...

Review realme 7: Smartphone Bertenaga dengan Kamera dan Performa Handal di Harga Rp3 Jutaan

-

Jakarta, Selular.ID – Predikat vendor smartphone dengan perkembangan paling pesat memang layak diberikan untuk realme. Karena hampir setiap bulan perusahaan ini merilis produk baru, setidaknya di Indonesia.

Usai menghadirkan realme 6 series pada Maret silam, bulan ini realme kembali menghadirkan jagoan baru di kelas paling kompetitif, harga Rp3 jutaan. Mulai besok, realme 7 dan realme 7i sudah bisa dipesan melalui sejumlah channel penjualan online di tanah air.

  • realme 7 dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB dijual dengan harga Rp3.999.000
  • realme 7i dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB dijual seharga Rp3.199.000

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli realme 7 maupun realme 7i, sebaiknya ketahui dulu apa saja fitur dan kemampuan yang ditawarkan. Berikut kami hadirkan review realme 7 yang mulai edar resmi di Indonesia.

Fitur utama yang ditawarkan realme 7 antara lain kamera powerful 64MP Quad Camera dengan sensor Sony IMX682, layar FHD+ 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz Ultra Smooth Display, baterai raksasa 5.000mAh lengkap dengan 30W Dart Charge, kamera selfie 16MP dan NFC.

realme 7 merupakan smartphone pertama di Indonesia, dan di dunia, yang ditopang chipset baru besutan Mediatek yaitu Helio G95. Sebelum membaca ulasan lebih jauh, berikut kami jabarkan spesifikasi lengkap yang diusung realme 7 yang edar di Indonesia:

ProcessorMediaTek Helio G95
 CPU:Octa-core, Up to 2.05GHz
 GPU:ARM Mali-G76 MC4 900MHz
Storage & RAMRAM: 8GB LPDDR4x dual-channel
 Storage: 128GB UFS 2.1
ColorMist White & Mist Blue
Display90Hz Ultra Smooth Display, 6.5 inch FHD+ (2400×1080), Screen-to-body ratio 90.5%, Corning Gorilla Glass
Charging & Battery5000mAh with 30W Dart Charge, USB Type-C port, includes an 5V/6A charger & cable
Camera64MP Quad Camera (64MP + 8MP + 2MP + 2MP)
 Photography function: 64MP Mode, Super NightScape, Starry Mode, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter Malam, Chroma Boost, Slow Motion, Bokeh Effect Control.
 Video recording: Support UIS Video Stabilization, Support UIS Max Video Stabilization, and Support 4K/30fps video recording
In-display Selfie16MP Primary camera
Cellular & Wireless2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot
Wireless network2.4/5 GHz, 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, and NFC
NavigationGPS / AGPS/ Glonass / Beidou
Size & Weight162.3 x 75.4 x 9.4 mm and Weight: 196.5g
SensorsMagnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyro-meter / Acceleration Sensor
Operating Systemrealme UI Based on Android 10
Packing Listrealme 7, 30W Dart Charger, USB Type-C Cable, Protect Case, Protect Film, SIM Card Tool, Important Info Booklet with Warranty Card, and Tüv Rheinland Certificate card

Kotak Penjualan

Di dalam kotak penjualan, konsumen akan mendapatkan unit smartphone, adaptor 30W Dart Charger, kabel USB type-C, jelly case transparan, panduan cepat, kartu garansi dan kartu sertifikasi TÜV Rheinland.

Ya, realme 7 merupakan smartphone pertama realme yang lolos verifikasi Tahan Uji dari TÜV Rheinland. Verifikasi ini berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil, yang mencakup banyak skenario penggunaan umum.

Desain Terinspirasi Kaca

Mengambil inspirasi dari ruang kaca di alam, realme 7 datang dengan desain yang menonjol di segmen kelas menengah. Smartphone menghadirkan desain kaca yang cemerlang. Terobosan desain yang berani membawa dampak visual baru, dengan efek cahaya yang menakjubkan.

Mencitrakan keindahan alam yang seimbang dengan teknologi. Perangkat didukung dimensi 162,3mm x75,4mm x9,4mm dan berat 196,5 gram. Dengan dimensi yang diusung, realme 7 memiliki ukuran yang cukup besar, namun tetap nyaman dalam genggaman.

Tombol power bergabung dengan sensor sidik jari, dan ditempatkan di sisi kanan. Sementara volume rocker berada di sayap seberang bersama SIM tray yang terdiri dari tiga slot.

Di bagian bawah berkumpul port USB-C bersama 3,5mm jack audio, speaker stereo, serta mikrofon. Berbalik ke panel belakang, pengaturan empat kamera disusun secara vertikal dalam satu baris yang ditempatkan di pojok kiri atas dengan rumah kamera model baru yang kekinian.

Untuk opsi warna, realme 7 ditawarkan dengan dua pilihan warna yakni Mist Blue dan Mist White.

Layar 90Hz Ultra Smooth

Dengan diagonal 6,5 inci, layar realme 7 memiliki kecepatan refresh layar 90Hz Ultra Smooth Display dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz. Smartphone ini mampu menghasilkan 90 frame per detik, 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan mulus dengan setiap gesekan layar.

Dengan rasio 20:9, resolusi FHD+ (2400×1080), rasio layar-ke-bodi adalah 90,5% dengan kecerahan 480 nits. Pada panel muka ini, realme 7 didukung fitur Punch-hole Light Effect dan Eye Protection.

Fitur Punch-hole Light Effect memungkinkan tepi kamera depan menyala saat menggunakan penguncian wajah atau kamera depan. Sementara Eye Protection, mendukung fungsi penyesuaian suhu warna layar, dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, hal ini untuk mencegah ketegangan mata. Eye Protection bisa diatur waktu secara otomatis untuk aktif.

Power 30W Dart Charge

Dengan teknologi pengisian kilat 30W Dart Charge, baterai 5000mAh pada realme 7 bisa diisi hingga 100% dalam 65 menit. Dan hanya dalam 26 menit, baterai dapat terisi hampir 50%. realme 7 juga mendukung pengisian daya PD 15W, membuatnya lebih serbaguna.

Algoritma pengisian daya yang dikembangkan untuk realme 7 mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian daya.

64MP Sony Quad Camera

Slogan smartphone dengan performa juara di harga Rp3 jutaan bukanlah isapan jempol. realme 7 mempunyai keunggulan di segala komponen, termasuk kamera. Kali ini vendor membekali realme 7 dengan 64MP quad camera yang menggunakan sensor Sony IMX682.

Pengaturan empat kamera ultra-jernih di panel belakang terdiri dari kamera utama 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP 119°, serta lensa makro dan lensa potret B&W.

Di bagian muka, terdapat kamera depan 16MP Ultra-clear yang memenuhi kebutuhan selfie dengan aperture F2.0 dan sudah mendukung mode AI beauty, efek bokeh, dan lainnya.

Apa saja keunggulan empat kamera belakang yang ada pada realme 7?

1. Sensor Sony IMX682
Sensor ini memiliki kemampuan penginderaan cahaya yang luar biasa, dan dilengkapi dengan sensor ukuran super besar 1/1,73″, piksel super tinggi 64MP, mendukung Quad Bayer, ukuran piksel hingga 1,6μm. Bahkan dalam cahaya redup, gambar Anda akan keluar sangat cerah.

2. Lensa Sudut Ultra-Lebar 119°
Dengan bukaan f/2.3 resolusi 8MP, pengguna tidak perlu bersandar untuk mengambil gambar yang sempurna berkat lensa sudut ultra lebar dengan bidang pandang 119° ini. Hanya satu klik yang diperlukan untuk beralih ke mode sudut lebar, memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar lanskap, arsitektur, dan group besar yang lebih menakjubkan.

3. Lensa Makro
Lensa ini memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. Sedangkan Lensa B&W Portrait, yakni sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

4. Lensa B&W Portrait
Sistem filter gaya baru ini bisa mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Mode Ultra-Clear 64MP

Berkat sensor Sony IMX682 yang baru ditingkatkan, realme mengembangkan algoritma definisi ultra-tinggi baru untuk mode 64MP, memberi pengguna kejelasan yang tak tertandingi di setiap bidikan ultra 64MP. Mode 64MP baru juga dapat beralih antara mode AI dan mode Pro.

Dalam mode Pro, pengguna bisa menyesuaikan parameter kamera secara manual untuk mengambil foto 64MP terbaik dengan sangat jelas. Pastikan update software perangkat untuk bisa menikmati Mode AI dan Pro ini.

Filter Malam

Fotografi malam dengan smartphone kini lebih menyenangkan. Berkat fitur Filter Malam yang disuntikkan ke kamera, realme 7 mengusung tiga filter malam paling populer: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Hanya dengan satu ketukan, pengguna dapat dengan mudah mengklik pemandangan malam kota itu, dengan cara yang benar-benar baru.

Untuk merekam keindahan kerlip bintang di langit malam, realme telah mengembangkan Starry Mode secara eksklusif. Fitur ini menggunakan AI yang dikombinasikan dengan paparan Ultra-long exposure dan multi-frame synthesis untuk meningkatkan ketajaman dan kecerahan bintang.

Rekaman Video 4K

Selain cakap mengambil gambar, realme 7 juga apik merekam video. Untuk video recording, smartphone didukung dengan UIS Video Stabilization, sebuah teknologi yang mampu mengurangi guncangan saat mengabadikan gambar bergerak.

Selain itu, realme 7 juga sudha mendukung perekaman gambar 4K dengan 30fps dengan detil tetap terjaga, jangkauan video lebih luas untuk efek paska-produksi dan membantu mengekstraksi foto resolusi tinggi dari video. Secara default, realme 7 akan merekam video dalam resolusi 720p/30fps.

Performa Juara di Kelasnya

Pertama di dunia, realme 7 mengadopsi chipset terbaru MediaTek Helio G95, yang secara ekslusif dirancang untuk smartphone gaming. Prosesor ini dibuat menggunakan proses 12nm sehingga lebih bertenaga dan efisien.

Guna mendukung para gamer, chipset ini juga dilengkapi dengan dua Cortex-A76 yang memiliki kinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900MHz Mali-G76 GPU.

 

Kapasitas RAM & ROM Besar

Berpadu dengan Helio G95, perusahaan membekali realme 7 dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Jika dirasa masih kurang, pengguna juga masih bisa menambahkan kartu memori eksternal MicroSD sampai dengan 256GB.

Memory lega mutlak diperlukan guna mendapatkan pengalaman berinteraksi yang lancar di smartphone, terutama saat bermain game mobile.

Benar saja, kami mencoba menguji kinerja realme 7 dengan memainkan game PUBG Mobile selama satu jam. Selama permainan, tidak ada satu pun lag atau pun crush yang terjadi.

Sistem Pendingin Carbon Fiber

Untuk mendukung strategi pengguna saat bermain PUBG Mobile misalnya, realme 7 juga dilengkapi dengan sistem pendingin carbon fiber. Teknologi baru ini bisa mendinginkan prosesor (dan perangkat) hingga 8,6%. Dengan begitu, kinerja cepat smartphone tetap terjaga.

Fitur Power Master

Sama seperti perangkat realme yang sudah-sudah, masih menggunakan antarmuka realme UI yang berbasis Android 10 dengan preferensi dan dan estetika kaum muda. Kustomisasi yang dihadirkan mendekati tampilan Stock Android yang lebih sederhana dan ikon yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

realme 7 memiliki fitur pemindai sidik jari samping yang secara cerdik menggabungkan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari. Dengan sistem pengenalan kapasitif, hanya satu tekan untuk membuka smartphone secara instan dan juga memberikan keamanan lebih.

Walaupun tidak mengantongi sertifikasi anti-air, semua lubang di realme 7 kedap air. realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan. Untuk sebuah smartphone di harga 3 jutaan fitur tambahan ini cukup menggoda.

Pertama di realme 7, NFC

Kerap mendengarkan masukan dari para penggemarnya, realme kali ini nyatanya berhasil mewujudkan keinginan pada realme Fans dengan fitur paling diminati ini. Fitur NFC yang biasanya hadir di seri flagship realme kini hadir pertama kalinya di seri angka realme.

Kegunaan NFC mungkin belum banyak untuk saat ini. Yang paling kentara adalah pengguna bisa mengisi ulang saldo uang elektronik melalui dompet digital maupun dari mobile banking yang ada di smartphone. Di masa seperti ini NFC memudahkan pengguna untuk mengecek dan mengisi ulang saldo yang ada di kartu elektronik.

Harga

Dengan segudang fitur powerful, wajar bila nantinya realme 7 akan menjadi rajanya smartphone dengan performa baik di segmen harga 3 jutaan. Smartphone calon raja di Rp3 jutaan ini akan melantai di Flash Sale Shopee pada 18 September jam 13:00 WIB dengan harga menarik ditambah hadiah spesial dari realme senilai Rp200.000 dan realme 7i akan menyambangi seluruh realme stores di Indonesia pada 19 September 2020.

Latest