Sunday, September 20, 2020
Home Selular Congress XL Axiata Dinobatkan Sebagai Best 4G Services di Selular Award 2020

XL Axiata Dinobatkan Sebagai Best 4G Services di Selular Award 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Untuk kategori Best 4G Services di Ajang Selular Award 2020, beberapa operator menjadi nominasi di kategori tersebut. Dan dikategori Best 4G Services XL Axiata menjadi pemenangnya, mengalahkan Indosat Ooredoo, Telkomsel dan Smartfren.

Indosat Ooredoo sebagai nominasi untuk kategori Best 4G Services di Ajang Selular Award 2020, memberikan akses dan konektivitas kepada setiap orang dan bisnis. Indosat Ooredoo ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik melalui dunia digital. Pada semester I tahun 2020, Indosat Ooredoo memiliki 57,2 juta pelanggan dan mengoperasikan 52.776 BTS 4G yang mencakup hampir 90% total popular si penduduk di Indonesia.

Untuk Smartfren yang juga menjadi nominasi, Best 4G Services, jaringan 4G Smartfren saat ini telah hadir di kota besar dan kecil seluruh pulau Jawa, Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang, Lampung, Jambi, Bengkulu, Padang, Babel, Bali, Lombok, Manado, Makassar, Anambas dan Natuna. Adapun ketersediaan 4G Smartfren sudah mencapai 96,4 persen. hal ini disebabkan oleh Smartfren yang mematikan jaringan 3G mereka pada 2017 lalu, sehingga Smartfren hanya memiliki jaringan 4G saja.

Sedangkan Telkomsel sebagai nominasi, Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan lebih dari 228.000 BTS yang menjangkau lebih dari 95 persen wilayah populasi di Indonesia dengan 20.000 BTS dan 1.083 BTS USO (Universal Service Obligation) untuk menjangkau wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). . Telkomsel telah merampungkan pengembangan teknologi 4G LTE di Kabupaten Intan Jaya, Propinsi Papua.

Dan XL Axiata sebagai pemenang, Best 4G Services yang mengalahkan nominasi dengan melihat dan pertimbangan kemampuan perusahaan menghadirkan perbaikan kualitas jaringannya data secara massif dan efektif. Sejak tahun 2015 XL Axiata memang terus melakukan transformasi jaringan dan terus memperluas cakupan layanan 4G LTE, termasuk di luar Jawa. Jaringan 4G LTE XL Axiata kini telah menjangkau 450 kota dan kabupaten di seluruh provinsi di Indonesia. Sedangkan total panjang jaringan tulang punggung (backbone) fiber optik sudah mencapai lebih dari 45 ribu ribu kilometer.

Tak hanya itu, total base tranceiver station (BTS) perseroan yang kini menopang layanan kepada seluruh pelanggan mencapai lebih dari 133.000 unit. Lebih dari 43.000 di antaranya merupakan BTS 4G LTE. Jumlah BTS terus meningkat setiap tahun seiring dengan pelaksanaan program peningkatan kualitas jaringan dan perluasan daerah layanan. Sebagian dari BTS berada di lokasi yang terpencil, dan bahkan, sangat terpencil di area perbatasan dengan negara lain, atau di pulau wilayah terluar Republik Indonesia.

XL Axiata juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) guna membangun BTS yang melayani daerah tertinggal melalui skema universal service obligation (USO). Hingga tahun ini, sudah terbangun sebanyak lebih dari 350 titik BTS USO.

Penghargaan ini ditetapkan setelah Selular Media Network melakukan polling secara online. Polling ini berlangsung sejak 15 Juli hingga 15 Agustus 2020, yang melibatkan 500 lebih responden dari sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Palembang, Lampung, Padang dan Kalimantan.

Latest