Thursday, September 24, 2020
Home Devices Wearable Devices Q1-2020 Pengiriman Smartwatch Global Tumbuh, Apple Anjlok

Q1-2020 Pengiriman Smartwatch Global Tumbuh, Apple Anjlok

-

Jakarta, Selular.ID – Smartwatch semakin memikat konsumen. Sebuah laporan baru dari Canalys mengungkapkan beberapa tren dalam pertumbuhan pasar smartwatch global.

Di seluruh dunia, pengiriman jam tangan pintar tumbuh 12% YoY di Q1 tahun ini meskipun penyebaran COVID-19 mengganggu banyak aspek manufaktur, logistik, dan konsumerisme.

Apple menempati urutan pertama dalam pangsa pasar, dengan 5,2 juta pengiriman berbagai model Apple Watch. Angka itu menurun 13% dibandingkan periode sama tahun lalu.

Huawei menempati urutan kedua dengan 2,1 juta unit yang dikirim dengan pertumbuhan 113% YoY.

Samsung berada di peringkat ketiga dengan 1,8 juta unit yang dikirim dibandingkan dengan 1,2 juta pada Q1 2019.

Garmin dan Fitbit masing-masing menempati urutan keempat dan kelima. Garmin tumbuh 24% YoY sementara Fitbit turun 21% YoY.

Selama kuartal pertama, Amerika Utara menyumbang kurang dari sepertiga pengiriman jam tangan pintar untuk pertama kalinya.

Permintaan untuk Apple Watch terus tumbuh di pasar luar negeri sementara penjualannya melambat di AS dan Eropa. Canalys mengaitkan ini dengan fokus Amerika Utara pada AirPods karena musim liburan Apple yang harus dimiliki ini. Pertumbuhannya di luar Amerika Utara dapat dikaitkan dengan promosi operator di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Sementara itu, Huawei menawarkan promosi dengan Huawei P40 di Cina. China mengalami pertumbuhan pengiriman smartwatch paling banyak sebesar 66%.

Jam tangan pintar yang diaktifkan seluler dari Apple dan Xiaomi membentuk sebagian besar jam tangan pintar yang terhubung di China dan ini sebagian disebabkan oleh pertumbuhan penjualan China.

Melihat sisa tahun 2020, Cina akan terus tumbuh dalam penjualan smartwatch dengan merek lokal seperti Xiaomi, Huawei, dan Oppo.

Latest