Tuesday, July 14, 2020
       
Home News Telco Operator Selular Siapkan Strategi Hadapi New Normal

Operator Selular Siapkan Strategi Hadapi New Normal

-

Jakarta, Selular.ID – Indonesia tengah memasuki transisi menuju tatanan normal baru. Beberapa sektor bisnis pun perlahan mulai beraktivitas kembali dengan prosedur yang mengikuti kondisi terkini.

Menghadapi masa transisi menuju kenormalan baru ini operator selular pun telah menysun strategi baik secara operasional bisnis maupun layanan yang diberikan untuk mendongkrak pertumbuhan di masa pandemi ini yang masih belum ada kepastian akan berakhir.

Berikut ini redaksi ulaskan beerapa persiapan dan starategi yang dijalankan oleh operator selular menuju kenormalan baru.

XL Axiata

XL Axiata disampaikan Tri Wahyuningsih, GM Corporate Communicatons XL Axiata sudah menyiapkan dan mengimplementasikan berbagai hal menyikapi situasi tatanan baru tersebut, mulai dari pelayanan kepada pelangggan, kesiapan jaringan dan sebagainya.

“Untuk kesiapan jaringan juga terus dilakukan apapun kondisi yang dihadapi baik normal ataupun new normal, dengan fokus utama untuk tetap menjaga dan menjamin kenyamanan masyarakat dan pelanggan,” jelasnya.

Di pusat layanan pelanggan XL Axiata juga sudah menerapkan tatacara baru untuk mengurangi interaksi langsung pelanggan dengan petugas dan perangkat layanan lainnya. Dari saat datang, pelanggan diminta mencuci tangan, menggunakan masker, dan mendapatkan nomor antrian melalui SMS.

Dengan begitu pelanggan bisa memperkirakan waktu menunggu giliran mendapatkan pelayanan petugas, sekaligus mengurangi penumpukan pelanggan di ruang tunggu. Meja layanan juga disekat dengan kaca akrilik yang membatasi petugas dengan pelanggan. Selain itu, penyemprotan disinfektin juga dilakukan setiap hari.

Telkomsel

Untuk operasional pengelolaan perusahaan secara keseluruhan, dalam beberapa tahun terakhir Telkomsel telah mendorong upaya transformasi bisnis dari seluruh lini bisnis yang ada. Sehingga dalam menghadapi fase new normal ini, Telkomsel meyakini seluruh aset yang dimiliki, terutama sumber daya manusia, telah siap dengan segala perubahan yang ada, khususnya dalam memaksimalkan pemanfaatan akses berbasis teknologi digital dan virtual sebagai penunjang operasional kerja hingga masa pasca pandemi nantinya.

“Telkomsel memproyeksikan lini bisnis digital akan terus tumbuh dan menjadi kontributor utama terhadap pemasukan Telkomsel. Selain itu, dukungan infrastruktur yang mumpuni juga menjadi bekal Telkomsel dalam mengembangkan kapabilitas layanan digital perusahaan untuk menghadirkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, baik secara B2B maupun B2C,” ungkap Denny Abidin, VP Corporate Communications Telkomsel.

Infrastruktur juga dikatakan Denny menjadi modal Telkomsel dalam meningkatkan kualitas layanan data, seiring dengan adaptasi layanan data yang semakin luas di kalangan masyarakat.

Maka dari itu, layanan data juga akan menjadi fokus Telkomsel dalam menjawab kebutuhan pelanggan, sekaligus menciptakan ekosistem persaingan yang lebih sehat di dalam industri telekomunikasi, yang nantinya juga akan memberi manfaat bagi pelanggan, selain bagi para pelaku industri itu sendiri.

“Sejumlah terobosan yang sudah kami kembangkan sebagai bagian dari kelanjutan roadmap menuju layanan jaringan 5G antara lain dengan sudah diluncurkannya layanan Telkomsel VoLTE dan Telkomsel Orbit (Home LTE),” imbuhnya.

Indosat Ooredoo

Dalam situasi pandemi ini Indosat Ooredoo memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggannya. Pembelian kartu prabayar dapat dilakukan secara online di myIM3 dengan pilihan nomor sesuai yang diinginkan dan kartu akan langsung dikirim ke rumah pelanggan.

Turnia Farouk, SVP – Head of Corporate Communication Indosat Ooredoo menyampaikan bahwa, Indosat Ooredoo menyediakan berbagai paket internet sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari paket dengan kuota harian 1GB per hari hingga kuota bulanan 28GB.

Selain itu ada juga paket aplikasi khusus dengan mengakses di *123# atau myIM3: untuk kebutuhan di rumah seperti conference call meeting, belajar, dan hiburan; ada juga paket Pendidikan IMcalls dimana kita menyiapkan kuota 30GB untuk belajar dirumah dengan paket IMclass, akses ke lebih dari 100 portal universitas dan aplikasi edukasi.

“Kami juga memiliki product baru, IMpreneur, produk ini menyediakan hingga 320GB kuota internet yang dapat dengan mudah dibagikan kepada beberapa karyawan,” tuturnya.

Latest