NEC Sediakan Solusi Analisa Kerumunan Cerdas Hadapi Pasca-Pandemi

Jakarta, Selular.ID – NEC Asia Pasifik (NEC APAC), kantor pusat regional untuk NEC Corporation di Asia Tenggara, mengumumkan hadirnya solusi analisis kepadatan keramaian yang cerdas (smart crowd density analysis) untuk membantu pengelola kawasan bisnis mengukur dan mengelola kerumunan di area tersebut.

Solusi ini diperuntukan bagi masyarakat dan wilayah ekonomi di mana jarak sosial menjadi sebuah protokol kesehatan dengan memberikan informasi kepada para pengusaha, pengelola gedung dan pengunjungnya akan situasi keramaian di area tersebut, baik secara jarak jauh maupun di lokasi secara real-time.

Dengan menganalisis informasi dari sensor cerdas, solusi ini memberikan data jumlah orang yang masuk dan keluar dari area mana pun secara akurat. Karena fungsinya hanya mentabulasi jumlah orang yang melewati sensor, maka tidak ada bentuk data pribadi yang direkam oleh sensor pintar ini.

Ketika besarnya kerumunan melebihi batas yang telah ditentukan sebelumnya atau jika terdapat indikasi kerumunan di lokasi tertentu, alarm akan diaktifkan. Ini memberikan pengaturan waktu yang cukup untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam membendung arus pengunjung.

Solusi smart crowd density analysis dari NEC ini dapat digunakan di berbagai industri, termasuk sektor perhotelan dan ritel. Di hotel, tim manajemen akan dapat mengoptimalkan sumber daya mereka dalam mengatur proses check-in dan check-out secara lebih efisien sementara pengunjung dapat memeriksa tingkat keramaian di dalam fasilitas hotel, seperti pusat kebugaran dan restoran, melalui perangkat seluler mereka sebelum pergi kesana.

Yeo Jack Ming, Wakil Presiden, NEC APAC, mengatakan, solusi smart crowd density analysis yang hemat biaya dari NEC ini kuat dan terukur. Dengan portofolio yang komprehensif akan solusi bisnis berbasis AI, NEC siap mendukung bisnis di Asia Tenggara untuk lebih kuat dan bangkit dari pandemi.