spot_img
BerandaNewsMarket UpdateCounterpoint: Realme Menggurita di Asia Tenggara

Counterpoint: Realme Menggurita di Asia Tenggara

-

Jakarta, Selular.ID – Bukan hanya di Indonesia, produk-produk Realme juga membanjiri pasar kawasan Asia Tenggara. Riset terbaru Counterpoint melaporkan hasil yang mengesankan bagi perusahaan pada kuartal pertama 2020.

Realme berhasil mencatatkan pertumbuhan tercepat di kawasan Asia Tenggara dengan 173% YoY.

Ini merupakan rekor brilian di tengah pandemi Covid-19 lantaran pasar ponsel pintar global turun 13% pada Q1 2020 karena pandemi.

Khusus Asia Tenggara, pangsa smartphone juga mengalami penurunan 11% pada periode yang sama.

Pertumbuhan Realme

Sementara itu, Counterpoint melaporkan bahwa Realme mulai memasuki pasar Asia Tenggara pada kuartal terakhir tahun 2018. Sejak saat itu, merek tersebut terus berkembang di wilayah-wilayah Asia Tenggara.

Baca juga: Dibanderol Rp8 Jutaan, Realme X3 SuperZoom Meluncur di Eropa

Realme awalnya memulai debutnya di India sebagai sub-brand Oppo pada awal 2018. Pada kuartal terakhir tahun yang sama, merek tersebut memasuki negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

Pada kuartal pertama 2019, Realme memasuki 10 merek teratas di negara-negara yang disebutkan di atas kecuali Filipina. Selain itu pada kuartal yang sama, merek memulai debutnya di Myanmar dan juga masuk 10 merek teratas secara bersamaan.

Selanjutnya, pada Q2 2019, Realme menjadi salah satu dari 5 merek teratas di Vietnam dan Indonesia, diikuti oleh 10 merek teratas di Filipina pada kuartal ketiga 2019.

Tak sampai disitu, Realme terus mengalami pertumbuhan. Pada Q4 2019, merek tersebut memasuki 5 besar di Filipina, Myanmar dan bahkan Kamboja untuk pertama kalinya.

Perlahan tapi pasti, Realme akhirnya masuk sebagai 5 brand teratas di Thailand. Meskipun butuh waktu yang lebih lama untuk menduduki posisi tersebut dibandingkan dengan negara lain.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru