Monday, May 25, 2020
Home News Security Xiaomi Dituding Mengumpulkan Data Penelusuran Pengguna

Xiaomi Dituding Mengumpulkan Data Penelusuran Pengguna

-

Jakarta, Selular.ID – Menurut laporan terbaru, Xiaomi dikabarkan mengumpulkan data penelusuran pengguna dari penggunaan browser bawaan, bahkan dalam mode penyamaran atau ketika menggunakan browser web DuckDuckGo yang sadar privasi.

Dilansir dari Forbes, Gabriel Cirlig, peneliti keamanan, menggunakan Redmi Note 8 sebagai pengemudi harian dan memperhatikan bahwa perangkat merekam hampir semua yang ia lakukan di telepon dan mengirimkan data ke server di Rusia dan Singapura, meskipun domain di-host di Beijing.

Rekaman mulai dari layar, situs web yang dikunjungi, folder dibuka, perubahan pengaturan, musik yang diputar pada aplikasi default, dll.

Data itu sendiri dienkripsi dengan buruk menggunakan format base64, sehingga sangat mudah baginya untuk menyalin data ke dalam teks biasa.

Cirlig bahkan melangkah lebih jauh dan mengunduh ROM untuk Xiaomi Mi 10, Redmi K20 dan Mi Mix 3 dan menemukan kerentanan keamanan yang sama pada mereka semua.

Peneliti keamanan lain, Andrew Tierney, menemukan perilaku mencurigakan di Mi Browser Pro dan juga Mint Browser.

Menanggapi tuduhan itu, Xiaomi mengatakan temuan Forbes menyesatkan dan tidak benar. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan bahwa Xiaomi mematuhi semua undang-undang dan peraturan setempat tentang privasi data pengguna dan data penelusuran yang dikumpulkan telah dianonimkan.

Mengenai mengapa Xiaomi mengumpulkannya, itu karena perusahaan berusaha meningkatkan pengalaman menjelajah pengguna dan ini merupakan praktik standar. Lebih penting lagi, data tidak dapat ditelusuri kembali ke pengguna tertentu.

Namun, Gabriel Cirlig mengirim video ke Xiaomi yang menunjukkan bagaimana browser mengirim riwayatnya ke server tersebut bahkan dalam mode penyamaran.

TERBARU

Sampaikan Ucapan Lebaran Lewat Stiker WhatsApp, Ini Caranya

Jakarta, Selular.ID - Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan ucapan lebaran. Biasanya, mayoritas...

XL Axiata Ajak Mudik Secara Virtual

Jakarta, Selular.ID - Merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia menjadikan XL Axiata membuat inisiatif mudik...

Pengguna Zoom di China, Akan Dibatasi

Jakarta, Selular.ID - Sejak pandemi covid-19, aktivitas yang biasa dilakukan diluar rumah, sementara waktu...

Latest