Thursday, August 6, 2020
       
Home News Market Update Market Share Global Xiaomi dan Vivo Naik pada Q1-2020

Market Share Global Xiaomi dan Vivo Naik pada Q1-2020

-

Jakarta, Selular.ID – Pemimpin smartphone global Samsung, Huawei, dan Apple, semua mencatat pengiriman merosot ketika coronavirus menerjang pada Q1 2020.

Statistik terakhir dari perusahaan analitik Canalys menunjukkan pengiriman global turun 13 persen menjadi 272 juta unit pada Q1 2020.

Sebelum coronavirus mulai mempengaruhi kegiatan ekonomi di seluruh dunia, industri smartphone sebenarnya menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Namun, sekarang, karena tidak sedikit orang yang diberhentikan atau dihadapkan dengan pemotongan gaji, pembelian smartphone tampaknya menjadi prioritas paling belakang.

Orang tidak mungkin membeli ponsel baru kecuali telepon mereka rusak atau hilang.

Meskipun Samsung berhasil mengukuhkan kembali posisi teratas dari Apple (pada Q4 2019 menurut Canalys), pengiriman keseluruhannya menurun selama periode Januari-Maret 2020.

Secara keseluruhan, perusahaan mengirimkan 60 juta handset selama kuartal pertama tahun ini, turun 17 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Penjualan Huawei juga turun 17 persen menjadi 49 juta unit. Perusahaan di bawah tekanan karena larangan AS sejak tahun lalu, jadi hasil itu mungkin sudah “cukup”.

Apple bernasib relatif lebih baik, dengan pengiriman turun ‘hanya’ 8 persen menjadi 37 juta unit. Kinerja penjualan iPhone 11 yang solid selama awal kuartal, menjadi alasan penurunan minor.

Xiaomi dan Vivo sebenarnya berhasil meningkatkan pengiriman mereka di Q1. Perusahaan Lei Jun mencatat peningkatan 9 persen, dengan penjualan sebesar 30 juta unit.

Sementara Vivo menjual 24 juta ponsel di seluruh dunia, naik 3 persen dari tahun lalu.

Q2 diperkirakan lebih buruk dari Q1, tetapi setelah itu, situasinya diharapkan membaik. Namun, dampak ekonomi dari pandemi kemungkinan akan bertahan lebih lama, dan butuh beberapa waktu sebelum situasi stabil sepenuhnya.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest