Saturday, July 11, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review realme Band: Smartband Bergaya dengan Fitur Sporty

Review realme Band: Smartband Bergaya dengan Fitur Sporty

-

Jakarta, Selular.ID – Sebagai brand yang berfokus pada Tech Trendsetter, realme tidak hanya ingin menyediakan smartphone, tetapi juga berusaha menciptakan ekosistem cerdas di sektor AIoT. Setelah berhasil meluncurkan TWS, realme Buds Air, pada penghujung kuartal pertama ini realme merilis realme Band sebagai pelengkap ekosistem AIoT cerdas di Indonesia.

Diluncurkan pada saat bulan puasa, smartband realme diklaim cocok untuk menjaga tubuh tetap bugar dan bergaya selama berpuasa. Tentunya penting untuk tetap sehat agar puasa berjalan lancar sampai Idul Fitri tiba. Meski begitu, realme tak hanya berfokus pada fitur kesehatan dari smartband miliknya, tetapi juga tetap memperhatikan desain dari perangkat yang menyasar kalangan muda tersebut.

Kali ini, Selular.ID berkesempatan untuk menjajal realme Band. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur serta keunggulan didalamnya, simak Review realme Band yang sudah kami rangkum berikut ini:

Review Realme Band

Paket Penjualan

Sebelum memulai review, lebih baik kita ulik lebih dulu paket penjualan yang ditawarkan. Didalamnya, realme mengemas Band tanpa charger tambahan apapun karena gelang pintar ini menggunakan port USB Direct Charge. Cukup sederhana, sekaligus praktis secara fungsional.

Desain

Kali ini Selular.ID berkesempatan mencoba realme Band dengan strap berwarna kuning, ciri khas dari realme. Menampilkan kesan stylish, warna cerah juga berpotensi kotor, tetapi perangkat berbahan dasar polimer ini nyatanya mudah untuk dibersihkan. Selain itu, faktanya realme Band dilengkapi dengan antibakteri dan antijamur, sehingga tak perlu khawatir.

Smartband ini memiliki layar warna besar berukuran 2,4 cm (0,96 inci). Meski begitu, perpaduan layar dengan strap cukup ergonomis di tangan, walau masih ada ruang yang tersisa. Disisi lain, memakai smartband realme seperti tidak menggunakan apapun, karena hanya berbobot 20gr, ringan sekali.

Baca juga: Siap Dirilis, Begini Wujud Realme Band

Lebih lanjut, dengan realme Band kita tetap bisa tampil bergaya berkat 5 tampilan layar berbeda. kita bisa memilih desain layar pada aplikasi penghubung realme Link. Warna antarmuka fungsionalnya yang ditampilkan juga lebih menarik dan terlihat jelas pada layar hitam.

Dalam penggunaannya, terasa mudah lantaran dibekali satu tombol virtual yang responsif. Menariknya, kita bisa mengaktifkan layar tanpa menyentuh apapun. Hanya perlu membalikan tangan atau mengangkatnya saja, layar akan aktif secara otomatis berkat sensor gravitasi yang dimiliki. Sedikit fakta, perangkat dapat menampilkan lebih dari 65.000 warna dan paling banyak 64 huruf.

Konektivitas

Dalam pengisian daya, smartband realme sangat praktis berkat desain ujung layar yang berupa USB Direct Charge. kita hanya perlu membuka strap dan langsung menghubungkan perangkat dengan port USB Charge ataupun power bank. Dengan baterai berkapasitas 90mAh (BIS), smartband ini mampu bertahan sekitar 5-6 hari dengan keadaan pendeteksi detak jantung yang aktif.

Selain itu, realme Band juga terkoneksi dengan hampir seluruh aplikasi populer (Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Messenger, SMS), yang membuatnya menampilkan notifikasi dari aplikasi tersebut. Tak perlu khawatir tidak bisa melihat notifikasi yang masuk lantaran realme telah mengoptimalkan waktu dalam menampilkan notifikasi di layar. Sehingga, kita dengan leluasa membaca notifikasi pada layar. Bahkan, secara cerdas realme Band juga mampu melacak lokasi smartphone (Cari Perangkat Saya).

Baca juga: Segera Edar di Indonesia, Ini Spesifikasi Realme Band

Sementara itu, sebagai produk AIoT dari realme, smartband ini terhubung dengan aplikasi realme Link yang tersedia di PlayStore. kita perlu mengunduhnya lebih dulu sebelum memakai realme Band, karena fungsi utamanya untuk menghubungkan perangkat dengan smartphone. realme Link juga memungkinkan kita mengatur perangkat, bahkan mendapatkan pembaruan fitur smartband.

Beberapa hal yang bisa dilakukan melalui realme Link, yaitu Pengaturan panggilan, Manajemen pengingat, Mode Do Not Disturb, Sensor gravitasi, Pengaturan kecerahan, Pengaturan Bahasa, Tampilan status koneksi pada notifikasi, Pembaharuan peralatan, restart, unpair dan hapus perangkat. Fitur lainnya akan dibahas pada tahapan Review realme Band selanjutnya.

Pelacak Detak Jantung secara real-time

 

realme Band menawarkan sensor denyut jantung optik PPG sebagai salah satu fitur unggulan. Dengan begitu, kita bisa mengukur denyut jantung per satuan BPM (Beat per Minute) secara real-time, baik mode auto ataupun secara manual.

Mode auto akan melaporkan denyut setiap 5 menit, sedangkan pengaturan manual, kita bisa mengukurnya kapan pun. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengukurnya secara manual, hanya perlu sekitar 10 detik saja hasil sudah muncul pada layar realme Band. Jadi, smartband melaporkannya secara real-time.

Sistem kerjanya, realme memanfaatkan cahaya dari Band untuk mencapai kulit, dan kemudian cahaya yang dipantulkan tersebut diterima melalui sensor Band. Hingga akhirnya, detak jantung dapat dihitung melalui sistem. Nantinya, pengguna juga mendapatkan fitur Pengingat (Reminder) terhadap rasio detak jantung rendah dan tinggi dalam pembaruan OTA.

Sleep Quality Monitor

Selain memiliki pelacak denyut jantung, realme Band juga mengungguli fitur Sleep Quality Monitor. Dalam penggunaanya, fitur ini mampu menganalisis dan melaporkan kualitas tidur. Ya, Sangat cerdas sekaligus membantu mengukur tingkat kesehatan kita, terutama yang memang bermasalah dalam tidur alias Insomnia. Sleep Quality Monitor dapat bekerja berkat Sensor detak jantung optik PPG yang tersemat pada realme Band.

Idle Alert

Penggunaan realme Band memang cocok bagi kalian yang ingin hidup sehat. Smartband ini akan mengingatkan kita untuk sekedar bergerak atau berjalan-jalan ketika sudah lama duduk. Terlebih lagi, fitur Idle Alert juga membantu mengingatkan kita untuk minum air secara teratur, agar tetap terhidrasi dan sehat.

Sports Tracker

Layaknya smartband pada umumnya, realme Band juga mendukung mode olahraga. Terdapat 9 mode olahraga dalam aplikasi realme Link, termasuk jalan kaki, lari, dan yoga. Sayangnya, dari 9 hanya 4 saja yang bisa disimpan pada realme Band.

Jadi, perlu dipilih dengan baik jenis olahraga apa yang ingin disimpan pada smartband melalui aplikasi realme Link tadi.Disisi lain, realme Band sangat pantas dalam menemani kita berolahraga, lantaran akan mengirimkan notifikasi jika terdeteksi adanya detak jantung berlebih saat berolahraga.

Ketahanan Air level IP68

Terakhir, namun tak kalah penting adalah fitur ketahanan air IP68. Level ketahanan air itu dapat melindungi perangkat dari kotoran, debu, pasir, dan air.

Dengan kata lain IP68 pada realme Band dapat mencegah benda-benda eksternal seperti debu masuk ke dalam komponen dan memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh perendaman, tetapi tidak dianjurkan dengan sengaja memasukannya ke dalam air.

Kesimpulan

realme Band dapat dikatakan baru di pasar gelang pintar yang sudah ada, namun mengingat waktu peluncurannya pada bulan Ramadan dan fitur menarik yang ditawarkan seperti sensor detak jantung real-time, pemantau kualitas tidur serta peringatan untuk minum dan bergerak, rasanya relame Band cocok untuk menjadi pendamping Anda untuk tetap menjaga kebugaran. Fungsional dan bergaya namun tetap kaya akan fitur penting dari sebuah gelang pintar.

Latest