Beranda News Telco Memasuki Ramadan, Tri Optimasi Jaringan di 216 POI

Memasuki Ramadan, Tri Optimasi Jaringan di 216 POI

-

Jakarta, Selular.ID – Memasuki bulan suci Ramadan tahun ini, operator Tri memprediksi adanya lonjakan lalu lintas data sebesar 49% jika dibandingkan dengan periode Ramadan tahun lalu.

Prediksi kenaikan signifikan ini didorong oleh imbauan pembatasan fisik oleh pemerintah yang memicu peningkatan penggunaan internet untuk mendukung kegiatan bekerja, belajar, beribadah, serta bersosialisasi dari rumah.

Tahun lalu, Tri mencatat sebanyak 25% pelanggannya di kota-kota besar di Indonesia melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri. Namun, tahun ini, Tri mencatat sebesar 8% penggunanya di kota besar sebagian telah berpindah dari business area ke residential area.

Diprediksi jumlah pemudik akan jauh berkurang pada tahun ini menyusul larangan mudik yang telah dikeluarkan pemerintah.

Oleh sebab itu pada tahun ini, Tri memfokuskan optimasi jaringannya di 216 point of interest (POI) yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia.

Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 31 POI di Kalimantan dan Sulawesi.

Penambahan 2.500 BTS juga dilakukan, serta penambahan kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area padat penduduk. Armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan untuk kebutuhan Idul Fitri.

Langkah antisipasi ini merupakan bagian dari upaya Tri untuk memastikan penggunanya mendapatkan koneksi terbaik selama menjalani Ramadan dan merayakan Idul Fitri di rumah.

“Seperti yang kita tahu, Ramadan tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan adanya imbauan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, hingga imbauan tidak mudik, kami memperkirakan peningkatan lalu lintas data akan lebih signifikan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar M. Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia.

“Kami akan tetap pastikan layanan kami maksimal memenuhi kebutuhan pelanggan selama Ramadan hingga lebaran dengan memperkuat jaringan kami serta memobilisasi perangkat pendukung untuk daerah-daerah dengan tingkat penggunaan tertinggi,” imbuhnya.

Tim teknik Tri juga telah dan akan tetap memantau serta mengendalikan seluruh jaringan melalui Network Operation Center (NOC) selama 24/7.

Buyer's Guide

Dijual Harga Sama, Realme C15 Holiday Edition Usung Prosesor...

Jakarta, Selular.ID - Sambut liburan akhir tahun, Realme memberi kejutan dengan meluncurkan Realme C15...

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait