Friday, May 29, 2020
Home Apps Qlue Sediakan Platform Pelaporan dan Informasi Terkait Covid-19

Qlue Sediakan Platform Pelaporan dan Informasi Terkait Covid-19

-

Jakarta, Selular.ID – Qlue bersama beberapa startup Indonesia lainnya di bawah MDI Ventures, meluncurkan Indonesia Bergerak.

Yakni insiatif yang bertujuan untuk membuat platform berbasis integrasi data, chatbot, dan pelaporan warga terkait perkembangan Covid-19 yang dapat diakses oleh publik.

Rama Raditya, Founder & CEO Qlue, menjelaskan, masyarakat dapat melaporkan suspect Covid-19, kerumunan masyarakat, dan rumah sakit yang penuh melalui aplikasi QlueApp.

“Qlue menambahkan tiga kategori baru di dalam aplikasi QlueApp sehingga masyarakat dapat melaporkan berbagai hal terkait virus corona,”ujar Rama.

Dijelaskan Rama, laporan dari masyarakat akan divisualisasikan dalam bentuk peta yang dapat diakses oleh publik di dashboard https://indonesiabergerak.com/laporan-warga. Laporan masyarakat juga akan diintegrasikan dengan data-data lainnya, sehingga membantu orang untuk melihat sebaran Covid- 19 di seluruh Indonesia, mengurangi penyebaran corona dengan laporan kerumunan masyarakat, dan melihat data rumah sakit yang penuh.

Menurut Rama, Qlue menggunakan seluruh sumber daya dan inovasi teknologi yang dikembangkan untuk membantu pemerintah Indonesia bergerak bersama dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Mulai hari ini Qlue mengaktifkan ekosistem smart city dengan menyediakan QlueApp sebagai platform warga untuk melaporkan dan memantau perkembangan Covid-19 dan aplikasi QlueWork (aplikasi manajemen tenaga kerja/workforce management) yang digunakan petugas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di lapangan untuk mengoordinasikan berbagai tugas secara efektif dan efisien,” kata Rama .

Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mengatakan, partisipasi dari Qlue dan startup anak bangsa lainnya membantu BNPB dalam memberikan pemahaman dan informasi yang cepat, akurat, dan transparan kepada masyarakat.

Selain itu, partisipasi masyarakat dalam melaporkan suspect Covid-19, kerumunan masyarakat yang dapat berpotensi menyebarkan virus corona, hingga data rumah sakit yang penuh sangat dibutuhkan BNPB sebagai data untuk analisis dan menentukan langkah selanjutnya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

Doni menyatakan, “Peran startup karya Doni menyebutkan, inisiatif startup karya anak bangsa ini akan membantu BNPB membuat kebijakan strategis dalam mengatasi pandemi Covid-19. Kolaborasi BNPB bersama Qlue ini telah kami rintis sejak 2017 lalu untuk mempercepat proses pemulihan pasca bencana di seluruh Indonesia, dan saat ini BNPB meningkatkan kerjasama dengan Qlue untuk berada di gerbong yang sama untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kenneth Li, Managing Partner MDI Ventures, menjelaskan sebagai perusahaan modal ventura di bawah Telkom Indonesia, MDI Ventures terpanggil untuk membantu Indonesia untuk bergerak bersama dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga :Solusi Smart City Qlue Diterapkan di Kota Tomohon

Dalam waktu singkat, MDI Ventures,
mempersiapkan Qlue dan startup lainnya di bawah MDI Ventures untuk berkolaborasi menyiapkan sebuah platform yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan perkembangan informasi secara real-time serta berpartisipasi dalam melaporkan perkembangan virus corona di lingkungannya.

Kenneth Li, menambahkan, dengan menggabungkan inovasi teknologi dari Qlue, Kata.ai, Qiscus, dan Volantis, masyarakat Indonesia bisa bergerak dengan melaporkan berbagai isu terkait Covid-19 melalui aplikasi QlueApp atau memantau potensi wilayah pandemi Covid-19 melalui platform https://Indonesiabergerak.com.

“Semoga platform ini bisa memacu startup lain dalam mengembangkan sesuatu untuk membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid- 19.” tutup Kenneth Li.

TERBARU

iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris Dunia pada Q1 2020

Jakarta, Selular.ID - Apple bisa dibilang tepat mengambil keputusan untuk merilis iPhone 11 pada...

GoCar Pasang Sekat Pelindung di Era New Normal

Jakarta, Selular. ID - Gojek meningkatkan protokol kesehatan dan standar higienitas guna membantu masyarakat...

Siap Beri Pinjaman Bunga Rendah, Julo Kantongi Izin OJK

Jakarta, Selular.ID - Di tengah maraknya penutupan perusahaan fintech ilegal di tengah suasana pandemi...

Latest