Beranda Smartphone Prosesor Realme 6i Bakal Jadi yang Tercepat?

Prosesor Realme 6i Bakal Jadi yang Tercepat?

-

Jakarta, Selular.ID – Baru saja meluncur di India, Realme 6 Series rupanya memiliki varian lain, yakni Realme 6i. Kemunculan seri 6i tak mengejutkan, mengingat sebelumnya Realme juga merilis Realme 5i.

Menariknya, 6i bakal menjadi smartphone pertama yang ditenagai oleh chipset Helio G80. Kabarnya, prosesor ini mirip dengan G70 yang tersemat pada Realme C3. Pasalnya, perbedaan kinerja dari kedua perangkat juga tak terlalu jauh. Hal ini karena nomor model yang lebih tinggi belum tentu menjanjikan kinerja yang lebih baik.

Realme 6i

Jika dilihat, Helio G70 memiliki core yang lebih banyak, sehingga wajar saja mampu mencetak skor yang lebih tinggi, dikutip dari Gizmochina (13/3). Disisi lain, Helio G80 milik Realme 6i unggul dengan sistem GPU. Pasalnya, 6i dibekali dengan GPU Mali-G52 dengan clock 950MHz, yang lebih tinggi dibandingkan Helio G70 dengan clock 820MHz.

Baca juga: Realme 6 dan 6 Pro Bakal Hadir di Indonesia

Artinya, 6i akan memiliki graphics yang lebih tinggi dibandingkan dengan Helio G70 milik Realme C3. Hal ini karena, disisi dapur pacu, GPU memiliki tugas untuk menampilkan graphics berupa gambar dengan data yang telah dikumpulkan dari sistem.

Sedangkan, CPU dari Helio G80 tersusun atas 2 kali Cortex-A75 di 2.0GHz dan 6 kali Cortex-A55 di 1.8GHz. Artinya, Helio G80 cenderung lebih hemat daya. Hal ini karena Cortex-A55 sebagai set core irit, sedangkan Cortex-A75 bekerja disisi performa.

Sementara Realme C3, dibangun atas 4 kali Cortex-A75 di 2.0GHz dan 4 kali Cortex-A55 di 1.7GHz. Dengan begitu, Realme C3 memiliki performa yang lebih baik, karena dibekali dengan 4 kali Cortex-A75. Namun, perlu diketahui, setiap smartphone memang memiliki keunggulan masing-masing, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Artikel Terbaru