Saturday, March 28, 2020
Home Buyer's Guide Xiaomi Ungkap 5 Alasan Mi 10 Series Lebih Mahal

Xiaomi Ungkap 5 Alasan Mi 10 Series Lebih Mahal

-

Jakarta, Selular.ID – Xiaomi sudah meresmikan Mi 10 series di China. Sebagai flagship, perangkat dibanderol tidak murah. Tampaknya konsumen mempertanyakan penetapan harga itu.

Secara tradisi, flagship Xiaomi Mi adalah salah satu flagship paling terjangkau di pasar, menawarkan komponen internal high-end, kamera kompetitif, dan desain yang solid.

Namun Mi 10 dan Mi 10 Pro yang baru melawan tren, menawarkan harga awal 3.999 yuan (~Rp8 juta) untuk Mi 10 dan 4.999 yuan (~Rp10 juta) untuk versi Pro.

Banderol itu setidaknya 1.000 yuan (~Rp2 juta) lebih mahal daripada Xiaomi Mi 9 pada peluncuran Cina-nya.

Eksekutif Xiaomi dan manajer umum Redmi Lu Weibing, memilih Weibo untuk mengonfirmasi, membenarkan penetapan harga seri Mi 10, dengan menyebutkan berbagai alasan kenaikan harga.

Salah satu alasan terbesar yang dikutip oleh perwakilan Xiaomi adalah beralih dari chipset Snapdragon 855 yang berkemampuan 4G ke modem Snapdragon 865 dan 5G.

Bahkan, Weibing mengatakan biaya untuk chipset dan modem baru menggandakan biaya Snapdragon 855.

Sementara itu, Lei Jun Xiaomi dikutip oleh Abacus News mengatakan bahwa modem Snapdragon 865 dan 5G menambahkan ~$70 (~Rp1 juta) untuk harga akhir perangkat.

Alasan utama lain untuk kenaikan harga itu datang dari peralihan ke layar OLED 90Hz melengkung ganda dengan lubang-punch. Weibing mengatakan biaya itu lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan layar Mi 9.

Selain itu, RAM juga mempengaruhi kenaikan biaya 20% pada seri Mi 10 karena penggunaan memori LPDDR5 bukan LPDDR4.

Terakhir, eksekutif Xiaomi mengatakan penambahan lebih banyak kamera, kamera 108MP, OIS ganda, baterai lebih besar, pengisian lebih cepat, teknologi pendingin, dan biaya terkait desain semua ditambahkan, membuat flagship seri Mi menjadi jauh lebih mahal.

Tetapi GM Redmi menegaskan ponsel baru Xiaomi bisa berjalan beriringan dengan flagship lain di pasar seperti Mate 30 Pro, dengan mengatakan Mi 10 series memiliki chip yang lebih baik, pengisian lebih cepat (setidaknya model Pro memiliki pengisian kabel lebih cepat), kamera utama beresolusi tinggi, dan layar yang lebih baik.

Sebagai perbandingan, Huawei Mate 30 Pro memiliki kamera ultra-lebar yang lebih baik di atas kertas, desain tahan air, dan penguncian wajah 3D.

Dengan Mi 10 series, jelas Xiaomi sedang mengejar segmen yang lebih premium dengan flagship barunya.

Latest