spot_img
BerandaNewsPerusahaan Jaringan Ingin Terbangkan BTS

Perusahaan Jaringan Ingin Terbangkan BTS

-

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan telepon dan penyedia jaringan dunia bekerja keras untuk menyediakan akses internet cepat ke setiap sudut dunia.

Tahun lalu, dua perusahaan ternama, pemilik Google Alphabet dan konglomerat Jepang SoftBank, membentuk aliansi atas teknologi menarik untuk menyediakan akses jaringan di daerah terpencil atau daerah dengan topografi yang sulit dijangkau.

Teknologi ini bergantung pada antena ponsel di udara untuk memancarkan sinyal, serupa fungsi BTS di daratan.

Dalam kasus Alphabet, itu disebut proyek Loon, di mana peralatan jaringan dibawa dalam balon udara bertenaga surya untuk memberikan internet berkecepatan tinggi ke zona yang tidak terjangkau.

Proyek SoftBank, HAPSMobile, serupa, namun peralatan jaringan akan dibawa dalam drone (bukan balon udara), yang ditenagai sinar surya.

Sekarang, untuk menerima persetujuan pengaturan, perusahaan kedirgantaraan Airbus, serta perusahaan telepon, seperti Nokia, Ericsson, Deutsche Telekom, Telefonica, Bharti Airtel dan China Telecom, sedang melobi untuk ide yang sama.

Aliansi menyatakan mereka akan bekerja menuju regulasi dan standar yang seragam untuk sistem penerbangan.

Loon telah membentuk kesepakatan dengan penyedia jaringan nirkabel di Kenya dan Peru. Teknologi ini tidak hanya akan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi di daerah terpencil, tetapi juga bisa menyediakan layanan koneksi jika terjadi bencana alam.

Baca juga :  Mediatek Helio P22 Tenagai Tecno Spark 8

Sementara itu, HAPSMobile sedang dalam proses menguji drone-nya di penerbangan ketinggian rendah di stratosfer (sekitar 18-60 km di atas permukaan bumi).

Baca juga :  Produk Terbaru Aqua Dengan Fitur Penunjang Kesehatan

Sayangnya, drone HAWK30 terbatas pada garis lintang plus atau minus 30 derajat dari khatulistiwa untuk saat ini dan tidak dapat mencakup negara-negara utara seperti AS atau Jepang, tetapi di masa depan bidang keahliannya diperkirakan akan melebar.

spot_img

Artikel Terbaru