Sunday, June 7, 2020
Home News YLKI : Netflix Bisa Dituntut

YLKI : Netflix Bisa Dituntut

-

Jakarta, Selular.ID – Layanan video on-demand, Netflix, kian dibahas kehadirannya di Indonesia. Layanan video streaming itu masih menjadi polemik, baik dari sisi konten yang ditampilkan maupun kehadirannya yang belum memiliki badan hukum di Indonesia.

Terkait dengan hal ini, perwakilan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), turut merespon. Adapun, Sudaryatmo, selaku Ketua Harian YLKI, mengungkapkan Netflix bisa saja dituntut. Menurutnya, konsumen dengan mudah bisa menuntut Netflix jika ada tayangan yang bermasalah.

“Ketika Netflix membuat tayangan yang bermasalah, dia secara legal bisa dituntut oleh konsumen, oleh masyarakat yang dirugikan,” jelas Sudaryatmo, dalam forum diskusi di Jakarta, Kamis (16/01).

Adapun hal ini disebutkan Sudaryatmo jika Netflix memiliki badan hukum tetap di Indonesia. Perwakilan YLKI itu menyayangkan Netflix belum mematuhi payung hukum di Tanah Air. Padahal, perusahaan asing yang berbisnis di Indonesia perlu membangun badan hukum tetap.

“Setiap perusahaan asing yang berbisnis di Indonesia harus membentuk badan hukum di Indonesia,” ujarnya.

Terkait hal ini, Sudaryatmo menyebut pemerintah bisa mengambil langkah untuk menyusun peraturan berjangkar. Menurutnya, persoalan Netflix justru merugikan pihak Internet Service Provider (ISP), karena konsumen justru menyalahkan pihak ISP.

“Karena kalo modelnya seperti ini kasian ISPnya, karena publik, konsumen, pasti akan menghajar ISP-nya walaupun tadi duitnya yang menerima ya Netflix.” jelasnya.

Meskipun langkah ini tak mudah, namun perwakilan YKLI itu menyebut jika berhasil maka perlindungan konsumen di Indonesia menjadi lebih kuat. Selain itu, Netflix juga bisa dipajaki.

“Pemerintah tidak mudah menaklukan perusahaan-perusahaan digital profile tadi tapi kalo itu dilakukan perlindungan konsumen menjadi lebih kuat, termasuk pajak juga gak bisa berkelit lagi.” terang Sudaryatmo.

TERBARU

Perluas Bisnis, WhatsApp Buka Lowongan Kerja di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Facebook terus melirik pasar Indonesia. Kali ini, platform perpesanan WhatsApp dilaporkan...

Peluncuran iPhone 12 Akan Ditunda

Jakarta, Selular.ID - Usai banyaknya prediksi waktu peluncuran iPhone 12 yang beredar, Apple rupanya...

Samsung Galaxy Note 20 Bakal Dirilis Agustus Tahun ini?

Jakarta, Selular.ID - Meskipun situasi pandemi Covid-19 tak kunjung usai, Samsung dilaporkan bakal tetap...

Latest